Harga Domain ID Naik 1 April 2022, Beli & Perpanjang Sekarang

Harga Domain ID Naik 1 April 2022

Harga Domain .id Naik, Buruan beli domain .id atau perpanjang sebelum harganya naik mulai tanggal 1 April 2022. Melalui situs resmi, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 1 April 2022, akan melakukan penyesuaian harga pada Nama Domain berekstensi .id.


Berapa Kenaikan Harga Domain ID?

Kenaikan harga domain .id di kisaran harga Rp. 300.000-an namun harga tersebut belum termasuk PPN. Penyesuaian harga tersebut berlaku sampai pengumuman selanjutnya. Pada dasarnya, perubahan harga domain .id sudah direncanakan pada tahun 2021 lalu, tetapi karena adanya pandemi covid-19, PANDI memutuskan untuk menunda perubahan harga domain id tersebut. Kenaikan harga domain .id ini untuk meningkatkan kualitas, pelayanan serta kepuasan pelanggan yang menggunakan domain .id. Tidak hanya itu, Domain id ini diharapkan mampu bersaing dengan domain internasional lainnya seperti .com .net dll dan mengangkat nama Indonesia dalam dunia maya.


Mengapa Harga Domain ID Naik?

Selain untuk meningkatan kualitas serta kepuasan pelanggan, ternyata kenaikan harga domain ID juga dipengaruhi oleh kenaikan Pajak Penghasilan Negara (PPN). Karena Domain merupakan suatu layanan digital yang dikenakan PPN, maka pihak provider layanan domain wajib mentaati peraturan baru soal kenaikan PPN.

Dalam konferensi pers, Sri Mulyani selaku Menteri Kuangan menyampaikan bahwa RUU yang telah diresmikan pada Rapat Paripurna DPR, akan memberlakukan kenaikan PPN mulai tanggal 1 April 2022. Kenaikan PPN ini akan dilakukan secara step by step. Mulai dari 11% mulai tanggal 1 April 2022 dan naik lagi di tanggal 1 Januari 2025 menjadi 12%. Peraturan kenaikan PPN ini tentu akan memberi dampak pada naiknya harga produk maupun layanan, termasuk juga layanan domain.

Registrar PANDI seperti Domainesia, Rumah Web, Qwords dll, bisa saja memberikan harga domain .id yang berbeda-beda tergantung dengan kebijakan layanan masing-masing.

Bagi kamu yang sedang menggunakan domain .id dan masih ingin terus memakainya, maka lebih baik kamu melakukan perpanjangan atau renewal domain id sebelum tanggal 1 April 2022. Sedangkan bagi kamu yang ingin membeli domain .id, maka kamu bisa segera membeli sebelum harga naik.

Mengapa Memilih Domain id?

  • Kredibilitas Tinggi. Website yang menggunakan domain .id lebih dipercaya jika dibandingkan dengan domain tld lainnya. Karena proses pendaftaran domain .id membutuhkan scan KTP atau dokumen penting lainnya.
  • Lebih Cepat Diakses. Domain .ID bisa lebih cepat diakses karena Domain ini menggunakan Name Server (DNS) yang berasal dari Indonesia.
  • Cocok Untuk Target Audiens Warga Indonesia.
  • Kuota Untuk Nama Domain Masih Banyak Tersedia.

Sekian dari informasi tentang naiknya harga domain .id, segera miliki dan perpanjang domain id kamu sekarang. Ikuti tutorial.web.id untuk mendapatkan informasi seputar domain murah dan berkualitas. Silakan tinggalkan komentar di bawah, jika ada pertanyaan, kritik maupun saran.

Beri Komentar

Komentar

Cancel