Cara mengganti Logo Favicon Blogger di Address Bar Terbaru

Cara Ganti Favicon Blogger 2021 - Tutorial.web.id

Apakah kamu sudah memiliki logo yang pas dan sesuai dengan blog kamu?, jika iya, kamu bisa menggunakan logo kamu sebagai logo favicon pada blogger. Lantas apa itu logo favicon dan apa fungsinya?.

Apa itu Favicon?

Favicon adalah icon atau logo yang berupa gambar dengan ukuranya sangat kecil yang tampil pada tab pada address bar sebagai ikon dari suatu website. Berikut adalah contoh favicon yang tampil di tabs pada browser.

Contoh Favicon Tampil di Address Bar - Tutorial.web.id
 

Nama Lain Favicon : Shortcut icon, Bookmark icon, URL icon, Website icon.

Mengganti Favicon default milik blogger menjadi favicon dengan gambar logo kamu, akan membuat website blog kamu terlihat lebih profesional dan menunjukan bahwa kamu memiliki keseriusan dalam membuat konten serta membangun website blog tersebut. 

Selain tampil di bagian address bar (tabs) pada browser, favicon juga tampil pada hasil pencarian Google (khusus pengguna mobile).

Contoh Favicon Tampil di pencarian Google  - Tutorial.web.id

Pada artikel ini, kami akan membahas tutorial cara membuat dan mengganti favicon pada blogger (blogspot). Cara membuat dan mengganti favicon pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyediakan gambar yang nantinya akan dikonversi menjadi favicon (file .ico). Berikut persyaratan dan ketentuan lengkap untuk membuat favicon.

Syarat dan Ketentuan Favicon

  • Siapkan gambar JPG atau PNG, gunakan file PNG supaya dapat membuat background transparan.
  • Bentuk gambar harus persegi atau kotak sempurna (square).
  • Gambar JPG atau PNG tersebut nantinya kita konversi (convert) menjadi file .ico, kamu bisa googling dengan pencarian "JGP to ICO" nanti akan tampil banyak situs konversi gambar ke ico.
  • File .ico memiliki ukuran panjang x lebar maksimal 100x100 pixels, Biasanya dari pihak konversi sudah menyediakan ukuran 16x16, 32x32 atau 64x64.
  • Ukuran hasil dari konversi ke ico atau file ico maksimal berukuran 100 KB.

Bagaimana jika kamu tidak bisa membuat sebuah gambar logo untuk favicon?, kamu bisa memanfaatkan generator pembuat favicon secara online, cara kerjanya pun sangat mudah. Berikut adalah cara membuat favicon menggunakan generator online.


Cara Membuat Favicon Online

  1. Kunjungi situs Favicon Generator Online.
  2. Akan muncul 3 pilihan, yaitu: PNG to ICO, Text to ICO dan Emoji to ICO. Pilih PNG to ICO karna cara kerjanya hanyalah mengonversi (convert) gambar logo menjadi file .ico.

    Cara Buat Favicon Online 1 Pilih Cara Buat ICO

  3. Pilih PNG to ICO, kemudian upload gambar logo yang sudah kamu buat, lalu download.
  4. Selesai mendownload kamu akan mendapati file zip yang di dalamnya terdapat hasil convert gambar ke file ico.

    Cara Buat Favicon Online 2 Convert ico berhasil

  5. Pada dasarnya favicon memang berupa file .ico. Nah, file favicon.ico ini lah yang nantinya kita pasang di blogger.

Selain mengonversi gambar logo menjadi file favicon, buat kamu yang belum punya logo, bisa menggunakan "Text to ICO", dimana kamu bisa membuat favicon sederhana dengan mengombinasikan 1 sampai 3 karakter. Jika kamu sudah memiliki file favicon.ico maka langkah selanjutnya adalah memasang atau mengganti favicon di blogger.


Cara Mengganti Favicon Blogger

  1. Login Blogger.
  2. Pilih Setelan atau Settings.
  3. Pilih Favicon.

    Cara Mengganti Favicon Blogger 1 Pilih Setelan kemudian favicon

  4. Pastikan file .ico berbentuk persegi dengan ukuran panjang dan lebar yang sama dan ukuran kurang dari 100 Kb. Pilih Choose File untuk memilih file .ico yang ingin diupload kemudian Simpan.

    Cara Mengganti Favicon Blogger 2 Upload file favicon.ico

  5. Selamat, kamu baru saja berhasil mengganti favicon blogger.
Cek Favicon : Jika favicon belum terganti. Bersihkan riwayat dan cache browser (clear history) atau buka situs kamu dengan browser lain yang belum pernah membuka situs blog kamu.

Pada blogger kamu bisa mengetahui url favicon yang sudah terpasang. Bahkan kamu juga bisa mengetahui url favicon blog orang lain, berikut cara mengetahui url favicon blogger.

Cara Mengetahui URL Favicon Blogger

Kamu bisa cek dan mengetahui apakah file favicon yang kamu pasang di blogger sudah sempurna atau belum, kamu dapat mengeceknya dengan mengunjungi link yang langsung menuju file favicon itu sendiri. Cara mengetahui link favicon pada blogger adalah dengan menambah "/favicon.ico" pada URL homepage.

Contoh: blogkamu.blogspot.com/favicon.ico

Link Favicon: tutorial.web.id/favicon.ico

FAQ

Kenapa Favicon Blog Tidak Berubah?

Logo favicon yang baru saja kamu ganti ternyata tidak berubah atau favicon tidak muncul di chrome (browser), untuk kasus tersebut, pastikan kamu sudah membersihkan riwayat dan cache (clear history and cache) pada browser tersebut atau kamu bisa mengunakan browser lain yang belum pernah membuka situs blog kamu dan lihat, apakah sudah berubah atau belum.

Cache adalah data dari server yang disimpan sementara pada browser untuk mempercepat jika situs dibuka kembali. 

contoh : pada saat sebelum kamu mengganti favicon blogger, browser sudah menyimpan file favicon kamu yang lama sehingga saat kamu mengganti favicon, browser masih menyimpan dan menampilkan kembali file favicon yang lama supaya website kamu dapat diakses dengan cepat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengclear history dan cache pada browser terlebih dahulu atau menggunakan browser lain.

Kenapa Favicon Tidak Muncul Di Pencarian Google?

Pastikan terlebih dahulu apakah favicon sudah tampil pada tabs browser. Jika sudah tampil pada tabs browser, maka kamu memang harus menunggu sampai Google mengindeks lagi situs blog kamu.

Berapa Lama Favicon Muncul Di Pencarian Google?

Berapa lama waktu yang diperlukan sampai favicon kamu berubah adalah tergantung banyaknya antrian pada pengindeksan Google, Bisa cepat namun bisa saja sampai 1 minggu atau bahkan lebih lama.


Sekian dari tutorial cara mengganti favicon blogger 2021. Ikuti blog kami untuk mendapatkan tutorial lainnya untuk membangun sebuah blog yang baik dan benar. Jika kamu masih mengalami kesulitan, kamu bisa tinggalkan komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel