Cara Membuat 2 domain dalam 1 hosting rumahweb

@erwantoimam
Cara Membuat 2 domain dalam 1 hosting rumahweb - tutorial.web.jpg

Apakah kamu sedang mencari tahu, tentang 1 hosting 2 domain atau 1 hosting 2 website?. Pada dasarnya 1 hosting bisa saja digunakan untuk 2 domain bahkan lebih, sehingga kamu cukup membeli 1 hosting, Namun bisa memiliki lebih dari 1 website dan lebih dari 1 domain.

Tentunya itu semua tergantung dari paket pembelian hosting, apakah paket hosting yang kamu beli bisa digunakan untuk 2 domain atau tidak?.

Sebelum lanjut ke langkah bagaimana cara membuat 2 domain dalam 1 hosting, kami akan menjelaskan beberapa istilah yang perlu kamu ketahui supaya kamu dapat lebih memahami pembahasan ini.


Perbedaan Apa Itu Domain Dan Hosting

Secara sederhana, domain adalah alamat suatu website dan hosting adalah tempat dimana file-file yang dibutuhkan oleh website disimpan. File-file yang disimpan pada hosting bisa berupa teks, gambar, video, database dan masih banyak lagi.

  • Contoh domain

    • google.com
    • facebook.com
    • olx.co.id
    • tutorial.web.id

Domain dan Hosting dapat diibaratkan seperti alamat rumah yang berada di suatu komplek perumahan, dimana website diibarakkan sebagai rumah dalam suatu komplek, domain sebagai alamat rumah, dan hosting adalah komplek perumahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1 komplek bisa dibangun beberapa rumah yang artinya 1 hosting bisa memiliki 2 domain atau lebih.

Selengkapnya : Perbedaan Domain Dan Hosting


Apa Itu Sub Domain?

Pengertian subdomain adalah memungkinkan kamu memiliki 2 website yang berbeda dengan menyewa 1 domain saja. misalkan saja kamu memiliki domain tribunnews.com yaitu website yang memberikan berita tentang seluruh indonesia, Namun dengan sub domain kamu dapat memiliki 2 website atau lebih seperti jogja.tribunnews.com yang membahas berita khusus daerah jogja dan sekitarnya.

  • Contoh sub domain

    • drive.google.com
    • mail.google.com
    • translate.google.com
    • news.google.com

Dengan sub domain kamu bisa memiliki banyak website dalam 1 doamin dan 1 hosting. Namun pada artikel ini kami tidak membahas cara membuat sub domain (1 domain 2 website) tetapi membahas bagaimana cara 1 hosting 2 domain atau lebih.


Apa Itu Addon Domain?

Pengertian Addon domain adalah jumlah domain yang bisa kamu tambahkan dalam satu hosting (jumlah addon domain tidak termasuk domain utama). Jika pada spesifikasi pada paket hosting bertuliskan 10 addons domain, berarti kamu hanya dapat menambah atau membuat maksimal 10 domain lagi pada 1 hosting yang sama, sehingga dalam 1 hosting, kamu bisa mimiliki 11 domain (1 domain utama bawaan dari pembelian hosting dan 10 addon domain). Jika ternyata kamu butuh lebih dari 11 domain maka pilihanya adalah antara kamu membeli hosting lagi atau mengupgrade hosting kamu ke unlimited addon domain.

Contoh Addon Domain pada Paket Hosting - tutorial.web.id

Pada gambar di atas, terdapat 3 paket hosting dengan spesifikasi addon domain yang berbeda-beda. lalu apa itu unlimited Addon domain, Unlimited Addon Domain adalah kamu bisa menggunakan banyak domain pada 1 hosting.

Biasanya paket hosting dengan spesifikasi unlimited addon domain memiliki harga yang mahal dan kualitas server yang lebih baik juga. Paket hosting ini cocok buat kamu yang memiliki jasa buat website.


Syarat dan Ketentuan

  1. Poin utama artikel ini adalah membahas tentang cara menambahkan dan mengaktifkan domain di cpanel.
  2. Bisa diterapkan pada shared hosting maupun unlimited hosting, pastikan spesifikasi hosting memiliki fitus Addon domain.
  3. Sudah membeli hosting terlebih dahulu dan pastikan hosting yang kamu beli masih memiliki jatah addon domain. untuk cara cek jatah addon domain, kamu bisa login pada cpanel, kemudian cek addon domain yang berada di kolom sebelah kanan pada dashboard cpanel.
    Contoh Addon Domains Pada Cpanel - tutorial.web.id.jpg
  4. Sudah membeli domain tanpa hosting, nantinya domain tersebut kita tambahkan atau aktifkan di hosting yang sudah kita miliki sebelumnya. supaya lebih mudah, pastikan kamu membeli domain di provider yang sama saat kamu menyewa hosting. Misalkan kamu sudah memiliki hosting di rumahweb maka kamu juga membeli domain di rumahweb.
    Baca juga : Tips Memilih Nama Domain yang Bagus
  5. Kelebihan dari fitur addon domain adalah kamu lebih mudah mengelola banyak domain dalam 1 hosting, Namun kekurangannya adalah hosting kamu menjadi berkerja lebih keras karena mengelola banyak domain. sumberdaya dalam 1 hosting harus dibagi-bagi kebanyak domain.

Berikut adalah cara membuat addon domain pada cpanel shared hosting di rumahweb.


Cara Menambahkan Addon Domain ke Hosting di Cpanel

  1. Login ke Cpanel.
  2. Cari dan Pilih menu Addon Domains.
    Cara Membuat Addon Domain 1 pilih addon domains.jpg
  3. Masukan nama domain yang sudah kamu beli seperti pada gambar di bawah. kemudian pilih Add Domain.
    Cara Membuat Addon Domain 2 pilih Add Domain
  4. Proses pengaktifkan domain di cpanel membutuhkan waktu, tunggu beberapa saat,  jika menambahkan domain di cpanel berhasil maka muncul pesan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Addon Domain 3 berhasil membuat addon domain
  5. Selamat, kamu baru saja berhasil membuat atau menambahkan addon domain ke hosting di cpanel. kamu bisa mengecek domain yang sudah masuk ke hosting dengan memilih menu domain pada dashboard cpanel. Cara di atas bisa kamu gunakan pada semua cpanel walaupun berbeda provider (penyedia layanan hosting).

Sekian dari cara membuat addon domain dalam 1 hosting rumahweb. Cara di atas juga bisa kamu gunakan pada provider lain seperti niagahoster, domainesia dan lain-lain. Pastikan kamu membeli hosting yang memiliki fasilitas addons domain.

Ikuti blog kami tutorial.web.id untuk mendapatkan tutorial lainnya yang berhubungan dengan hosting. Bookmark halaman ini jika suatu saat kamu ingin menambah domain ke hosting. Jika masih bingung, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel