Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine Terbaru 2021

@erwantoimam
Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine - Tutorial.web.id

Bagaimana cara agar website atau blog muncul di halaman pertama pada hasil pencarian Google?. Artikel suatu blog atau website yang tampil di halaman pertama apalagi sampai muncul di posisi paling atas, merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan. 

Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan biaya untuk beriklan di Google ads agar websitenya otomatis tampil di posisi paling atas tanpa harus bersusah payah memaksimalkan teknik SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah segala upaya untuk mengoptimasi Website agar muncul pada halaman pertama dan posisi teratas pada hasil pencarian Google.
SEM (Search Engine Marketing) Merupakan salah satu strategi pemasaran berbayar menggunakan Google Ads dalam memasarkan konten pada website supaya langsung muncul di posisi teratas pada pencarian Google.

Sebaik apapun teknik SEO kamu, SEM tetap tampil paling atas pada hasil pencarian (diprioritaskan), namun pada SEM kamu harus mengeluarkan biaya jika berhenti beriklan maka website dengan SEO terbaiklah yang berada di posisi paling atas. 

Berikut adalah gambar contoh perbedaan dari hasil pencarian dengan teknik SEO dan SEM. 

Contoh Perbedaan SEO dan SEM - Tutorial.web.id

Namun pada artikel ini kami tidak membahasa secara lanjut tentang SEO dan SEM, tetapi membahas langkah awal untuk membangun SEO yaitu mendaftarkan blog ke Search Engine.

SEO sendiri memiliki arti mengoptimisasi penggunaan search engine. bagaimana kamu bisa mengoptimisasi Search Engine jika kamu tidak tahu cara supaya blog kamu cepat terindex oleh Search Engine itu Sendiri.

Apa itu Search Engine?

Search Engine atau mesin pencari merupakan suatu program yang menelusuri semua website di dunia dan menampilkanya pada suatu pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Macam-macam Search Engine

  • Google (Paling Populer)
  • Bing (Milik Microsoft)
  • Yahoo Search (Berkerja sama dengan Google dan Bing)
  • Yandex (Berasal dari Rusia)
  • DuckDuckGo (Tidak mengambil data Privasi kamu)
  • Baidu (Berbahasa china)

Masih ada banyak lagi macam-macam Search Engine di luar sana, namun pada artikel ini kita akan hanya terfokus pada 3 Search Engine yang paling populer di Indonesia. 

Supaya kamu lebih semangat dalam memulai langkah awal optimasi SEO, Berikut adalah alasan (manfaat) kenapa kamu harus giat mendaftarkan blog maupun artikel terbaru kamu ke Search Engine (mesin pencari).


Manfaat Blog yang Didaftarkan ke Search engine

1. Blog Memiliki Pengunjung

Pengunjung Organik (Organic Traffic) adalah seseorang yang mengetikan kata kunci di mesin pencari seperti Google kemudian mengunjungi salah satu situs website yang muncul dari hasil pencarian tersebut.

Percuma saja jika niat kamu membangun sebuah blog dengan tujuan berbagi tetapi blog kamu justru tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari khususnya Google. 

Memanfaatkan media sosial dengan berbagi memang merupakan alternatif supaya blog kamu bisa mendapat kunjungan. Namun, alangkah lebih nikmatnya jika blog kamu mendapat kunjungan organik dengan tampil sendirinya di mesin pencarian tanpa harus repot-repot berbagi di media sosial.

2. Optimasi SEO

Tujuan utama dari artikel ini bukan sekedar mendaftarkan blog kamu ke mesin pencari saja tetapi juga mengoptimalkan penggunaan tools dari mesin pencari dengan mendaftarkan semua artikel khususnya artikel terbaru kamu supaya cepat terindeks oleh mesin pencari (Google). Sehingga pengunjung organik dapat menemukan informasi terbaru dari artikel blog kamu.


Pada bembahasan berikutnya kami akan menjelaskan cara mendaftarkan blog dan submit artikel ke Search Engine. Ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu kamu harus segera mensubmit artikel terbaru secara rutin seperti 1x sehari, 3x sehari bahkan 1x seminggu secara rutin supaya search engine mengira bahwa blog kamu aktif melakukan update dan juga segera mengindeks artikel kamu.

Ada 3 Search Engine utama untuk kamu fokus melakukan pengindeksan secara rutin yaitu:

  • Google Search Console (GSC)
  • BING
  • Yandex

Jika kamu sudah memahami seperti apa proses pengindeksan blog dan artikel, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam mendaftarkan blog ke lebih banyak search engine yang ada karena cara kerjanya yang sangat mirip.


1. Cara Mendaftarkan Blog ke Google

Cara Mendaftarkan Blog ke Google - Tutorial.web.id

GSC (Google Search Console) merupakan salah satu layanan gratis dari Google supaya para webmaster dapat mengindeks website atau blog mereka ke mesin pencari Google dan mengetahui perkembanganya. 

Tidak hanya mengindeks blog dan artikel, GSC juga menampilkan statistik yang dapat membantu kamu memahami artikel apa saja yang dapat dijangkau dengan kata kunci tertentu. Karena pembahasanya yang cukup panjang kamu bisa mengunjungi link di bawah ini.

Cara Daftar Dan Submit Blog Ke Google Webmaster 2021

2. Cara Mendaftarkan Blog ke Bing

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing - Tutorial.web.id

BING merupakan salah satu search engine besar milik Microsoft, Sebelumnya Microsoft memiliki 3 mesin pencari, yaitu MSN Search, Windows Live Search dan Live Search, namun ketiganya masih belum bisa untuk mengalahkan mesin pencari Google. Dengan tekad yang kuat, Microsoft terus menganalisis kelemahan-kelemahan mesin pencari Google untuk mengembangkan mesin pencari terbarunya yaitu Bing.

Cara Daftar Dan Submit Blog Ke Bing Webmaster 2021

3. Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex

Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex - Tutorial.web.id

Yandex merupakan salah satu mesin pencari yang menjadi kebanggan nasional warga Rusia. Sebelum Google, ternyata Yandex sudah lebih dulu didirikan oleh Ilya Segalovich dan Arkady Volozh. Tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari, Yandex yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Rusia ini, juga memiliki banyak layanan seperti pencarian gambar, video, layanan email gratis, maps, translate, browser dan masih banyak lagi.

Cara Daftar Dan Submit Blog Ke Yandex Webmaster 2021

Cukup sekian dari pembahasan Cara mendaftarkan blog ke Search Engine, jika kamu dapat melakukan pengindeksan secara rutin pada beberapa Mesin Pencari di atas, kamu akan dapat lebih banyak pengunjung organik yang lebih variatif.

Ikuti blog ini untuk mendapatkan tutorial lainnya seputar SEO dan Optimasi Blog. Silakan tinggalkan komentar di bawah jika ingin bertanya atau ingin menambahkan. 

Beri Komentar

Komentar

Cancel