Cara Menghapus Addon Domain di Cpanel - Niagahoster

Cara Menghapus Addon Domain di Cpanel

Cara menghapus addon domain di CPanel. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam satu hosting kita bisa memiliki lebih dari 1 domain yang berbeda. Lantas seperti apakah addon domain tersebut dan bagaimana cara menambahkan serta menghapusnya.


Apa Itu Addon Domain?

Addon Domain adalah jumlah domain yang bisa kita tambahkan pada 1 hosting (domain utama tidak terhitung). Secara sederhana, dengan adanya addon domain kamu bisa memiliki website dengan berbagai domain dalam satu hosting. Banyaknya addon domain yang bisa kamu tambahkan adalah sesuai dengan jumlah kuota addon domain yang diberikan oleh penyedia layanan hosting. Pada umumnya setiap paket hosting memiliki batasan atau kuota addon Domain yang berbeda-beda.

Apakah Addon Domain Bisa Dihapus?

Jika kuota addon domain kamu sudah penuh dan ingin mengganti atau menghapus salah satunya, kamu bisa remove addon domain tersebut dengan mudah pada CPanel. Selanjutnya kamu bisa menambahkan lagi addon domain yang baru. Berikut adalah cara hapus addon domain dari hosting di CPanel.


Cara Menghapus Addon Domain

Hanya beberapa klik saja, kamu bisa menghapus domain di CPanel Niagahoster, Domainesia RumahWeb dll dengan mudah.

  1. Login ke CPanel.
  2. Cari dan Pilih menu Addon Domains.
    Cara Membuat Addon Domain 1 pilih addon domains.jpg
  3. Pada baris addon domain yang ingin dihapus, pilih Remove.
    Pilih Remove untuk menghapus addon domain - Tutorial Web ID

  4. Muncul pesan Are you sure you wish to permanently remove the addon domain?, kemudian pilih Remove.

Ketika kamu selesai menghapus addon domain, kamu hanya menghapus domain addon tersebut dari DNS dan Konfigurasi Server, Namun data-data yang berada di dalam folder instalasi addon domain tersebut tidak hilang.

Setelah menghapus domain addon maka secara otomatis kuota addon domain kamu akan berkurang. Kini kamu bisa menambahkan addon domain baru di hosting Cpanel.


Cara Menambahkan Addon Domain

  1. Login ke Cpanel.
  2. Cari dan Pilih menu Addon Domains.
    Cara Membuat Addon Domain 1 pilih addon domains.jpg
  3. Masukan nama domain yang sudah kamu beli seperti pada gambar di bawah. kemudian pilih Add Domain.
    Cara Membuat Addon Domain 2 pilih Add Domain
  4. Proses pengaktifkan domain di cpanel membutuhkan waktu beberapa saat, jika menambahkan domain di cpanel berhasil maka muncul pesan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Addon Domain 3 berhasil membuat addon domain
  5. Selamat, kamu baru saja berhasil membuat atau menambahkan addon domain ke hosting di cpanel. kamu bisa mengecek domain yang sudah masuk ke hosting dengan memilih menu domain pada dashboard cpanel. Cara di atas bisa kamu gunakan pada semua cpanel walaupun berbeda provider (penyedia layanan hosting).

Sekian dari pembahasan bagaimana cara meremove addon pada CPanel. Ikuti situs Tutorial.web.id untuk mendapatkan tutorial seputar CPanel, Domain dan Hosting. Jika ada kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar di bawah.


Beri Komentar

Komentar

Cancel