Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google Search Console

@erwantoimam
Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google Search Console - Tutorial.web.id

Wordpress merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat dan membangun sebuah website. Hampir separuh dari jumlah website yang ada di dunia menggunakan CMS Wordpress.

Jika kamu sudah memmiliki situs website berbasis Wordpress, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan situs Wordpress kamu ke Google Search Engine.

Google Search Engine atau mesin pencari Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan. Dengan Google, kita dapat mencari berbagai macam informasi. Nah informasi yang kita temukan di google adalah informasi yang disediakan oleh berbagai macam website, sehingga dapat disederhanakan bahwa Mesin pencari Google akan menampilkan informasi dari berbagai website di seluruh dunia yang sesuai denga kata kunci yang kamu masukan.

Mendaftarkan website ke mesin pencari Google merupakan salah satu langkah yang tepat supaya orang lain bisa menemukan website kamu melalui hasil pencarian Google.


Apa itu Google Search Console?

Google Webmaster tools yang kini berganti nama menjadi Google Search Console adalah layanan gratis dari google yang memudahkan kamu untuk mendaftarkan website dan artikel terbaru ke mesin pencarian google, supaya artikel terbaru kamu segera muncul pada hasil pencarian Google.


Manfaat Website Terdaftar di Google Search Console?

  • Dapat mengetahui artikel apa saja yang sudah diindeks oleh Google.
  • Dapat mengetahui kata kunci yang populer di website kamu dalam kurun waktu tertentu.
  • Dapat mengetahui halaman berapa kata kunci tersebut tampil dalam hasil pencarian.
  • Dapat mengetahui berapa persentasi visitor mengklik website kamu setiap kali website kamu tampil dalam pencarian.
  • Bisa segera melakukan permintaan pengindeksan artikel baru kamu supaya dapat segera bersaing dan tampil pada halaman pencarian Google.
  • Google Search Console akan menampilkan pesan error jika website kamu bermasalah.
  • Dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini kami akan menjabarkan cara mendaftarkan Wordpress ke Google Search Console dan verifikasi kepemilikan domain supaya artikel cepat terindex oleh google.


Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google Search Console

  1. Kunjungi Situs Google Search Console.
  2. Pada kolom sebelah kiri, masukan nama domain kamu tanpa www, kemudian pilih Terus.
    Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google 1 Pilih Terus
  3. Lakukan Verivikasi kepemilikan domain melalui data DNS dengan menyalin data TXT yang ada pada form ke konfigurasi DNS di pengaturan domain.
    Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google 2 Verifikasi DNS
    Ada 2 cara untuk melakukan Salin data TXT di bawah ke konfigurasi DNS:
  4. Jika muncul pesan error Verifikasi kepemilikan Gagal, jangan khawatir. Itu terjadi karena pihak penyedia layanan domain membutuhkan beberapa waktu sampai settingan DNS yang baru saja kita konfigurasi di perbaharui. Klik OK kemudian tunggu beberapa menit, setelah itu lakukan verifikasi kembali.
    Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google 3 Verifikasi Kepemilikan Gagal
  5. Setelah menunggu sekitar beberapa menit, akhirnya Kepemilikan domain telah diverivikasi, kemudian pilih Buka Properti.
    Cara Mendaftarkan Wordpress ke Google 3 Verifikasi Kepemilikan Gagal
  6. Selamat, kamu baru saja berhasil memverifikasi kepemilikan domain melalui data DNS Google Search Console. Kini website wordpress kamu sudah terdaftar di Google Search Console.

Setelah mendaftarkan situs Wordpress kamu ke Google, dalam beberapa minggu kemudian Google Search Console akan menampilkan statistik tentang perkembangan website kamu dalam persaingan hasil pencarian Google. Google Search Console (GSC) juka akan memberikan laporan bulan lalu di setiap awal bulan.

Ada hal penting yang harus kamu lakukan setelah mendaftarkan situs Wordpress kamu ke Google, Yaitu mensubmit atau mendaftarkan sitemap wordpress ke Google dan submit artikel terbaru supaya dapat segera muncul di hasil pencarian.


Apa Itu Sitemap?

Secara sederhana Sitemap atau peta situs adalah file yang berisi teks kode yang memudahkan mesin pencari dalam memahami ada artikel atau ada halaman apa saja dalam website kamu. dengan sitemap robot penelusur dari google akan mengetahui ada tidaknya konten baru dalam website kamu.

Pada platform Blogger, membuat sitemap sangatlah mudah karena sudah disediakan dari awal. caranya hanya dengan menambahkan /sitemap.xml pada url homepade situ blogger kamu misalnya : www.tutorial.web.id/sitemap.xml, jika url tersebut dibuka maka akan muncul teks kode.

Sayangya Wordpress tidak menyediakan sitemap dari awal, sehingga kamu perlu membuatnya dahulu. Ada banyak cara untuk membuat sitemap pada wordpress menggunakan berbagai macam plugin, Namun jika wordpress kamu sudah terinstal plugin YoastSEO, maka kamu sudah memiliki sitemap dan tinggal menggunakanya saja.

Cara menggunakanya sangat mudah, kamu cukup menambahkan /sitemap_index.xml setelah url homepage website kamu.

misalnya https://indocara.com/sitemap_index.xml
Jika url tersebut diakses maka akan tampil daftar link sitemap seperti gambar dibawah ini.

Contoh Sitemap Wordpress menggunakan YosatSeo

Kami sangat merekomendasikan kamu untuk menginstal plugin YoastSeo ke Wordpress kamu, karena plugin ini juga sangat membantu dalam meningkatkan kualitas SEO pada situs Worpress kamu.


Cara Submit Sitemap Wordpress ke Google Search Console

  1. Login Google Search Console.
  2. Pilih Menu Sitemap atau Peta Situs, kemudian masukan url sitemap dari plugin YoastSeo, lalu pilih KIRIM (Send).
    Submit Sitemap Wordpress ke Google Search Console
  3. Jika berhasil maka sitemap kamu akan muncul pada daftar sitemap di bawah dengan status Sukses berwarna hijau.

Cara Mengatasi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs

Error Tidak Dapat Mengambil Peta Situs

Jangan khawatir jika kamu menemukan pesar error tidak dapat mengambil peta situs pada status sitemap yang baru saja kamu submit, untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu menunggu waktu sekitar 1-3 hari sampai Google Search Console memberikan status Sukses.


Cara Submit Sitemap Wordpress ke Google Search Console

  1. Login Google Search Console.
  2. Pilih Inspeksi URL, kemudian masukan alamat atau url artikel blog terbaru kamu, lalu tekan enter.
    Cara Indeks artikel ke Google 1 Masukan URL Artikel
  3. Pilih Uji URL AKTIF, kemudian pilih MINTA PENGINDEKSAN.
    Cara Indeks artikel ke Google 2 Minta Pengindeksan
  4. Pilih OK.
    Cara Indeks artikel ke Google 3 Pilih OK
  5. Kamu baru saja berhasil mengindeks artikel kamu ke Google, tunggu beberapa hari sampai Google mengindeks artikel kamu ke hasil pencarian, lama tidaknya proses pengindeksan tergantung dari banyaknya antrian. Lakukan cara yang sama setiap kali kamu baru memposting artikel terbaru, karena ini merupakan salah satu cara supaya artikel cepat diindex oleh Google.
  6. Untuk mengetahui url mana saja yang sudah diindex oleh Google, kamu dapat melihatnya pada menu Cakupan atau Coverage.

Pada dasarnya, tanpa mendaftar Google Search Console, situs kamu tetap dapat ditemukan oleh mesin telusur Google secara otomatis, namun membutuhkan waktu yang lama. Hal ini sangat tidak membantu jika situs kamu membahas artikel tentang sesuatu yang sedang viral atau konten berita. Untuk itulah kamu perlu melakukan cara-cara di atas supaya blog dan artikel kamu cepat muncul di hasil pencarian Google.

Sekian dari cara mendaftarkan Wordpress ke Google Search Console serta verifikasi kepemilikan domain. Ikuti situs kami Tutorial.web.id untuk mendapatkan artikel lainnya tentang Blogger dan Wordpress. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel