Cara Memverifikasi Kepemilikan Domain Melalui Data DNS di Cpanel

Cara Memverifikasi Kepemilikan Domain Melalui Data DNS di Cpanel

Apakah kamu sedang mencari cara untuk memverifikasi website ke Google Search Console? Saat baru pertama kali mendaftarkan website Blogger atau Wordpress ke Google Search Console, ada tahapan di mana kita harus verifikasi atas kepemilikan domain pada situs website yang kita daftarkan.

Dahulu, verifikasi sangatlah mudah, kamu hanya perlu memasukan kode script dari Google ke website kamu dengan mengubah struktur html. Namun kini kamu harus mengubah settingan DNS pada domain kamu. Berikut adalah cuplikan petunjuk untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain lewat DNS.

Contoh Memverifikasi Kepemilikan Domain Melalui Data DNS

Dari gambar di atas, ada petunjuk cara untuk melakukan verifikasi domain untuk semua penyedia layanan domain, yaitu:

  1. Login ke penyedia nama domain anda (misalnya godaddy.com, namecheap.com), maksudnya adalah kamu perlu akses login ke penyedia layanan atau provider di mana kamu membeli domain, seperti Niagahoster, Domainesia, Rumahweb dan lain-lain.
  2. Salin data TXT di bawah ke konfigurasi DNS untuk situs kamu, Maksudnya adalah setelah kamu login ke penyedia domain, kemudian kamu perlu menyalin kode google-site-verification kemudian nanti dipastekan di settingan DNS domain
  3. Tekan verifikasi di bawah, maksudnya adalah setelah kita selesai menambahkan konfigurasi DNS, kita tinggal mengklik tombol VERIFIKASI di bawah.

Untuk menambahkan data TXT ke konfigurasi DNS, ada 2 cara, yaitu:

  • Bisa melalui Cpanel.
  • Bisa melalui penyedia layanan domain.

Pada artikel ini, kami hanya akan membahas cara yang pertama yaitu melalui Cpanel. Cara ini tidak diperuntukan bagi kamu yang membeli domain tanpa hosting, karena cara pertama ini memerlukan akses login Cpanel.

Bagi kamu yang ingin memverifikasi kepemilikan domain tanpa akses login cpanel, kamu bisa melakukanya hanya dengan membutuhkan akses login ke penyedia layanan domain tersebut.



Cara Memverifikasi Kepemilikan Domain Melalui Data DNS di CPANEL

  1. Login Cpanel.
  2. Pilih menu Zone Editor.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 1 Pilih Zone Editor
  3. Pilih menu Manage.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 2 Pilih Manage
  4. Pilih ADD RECORD.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 3 Pilih ADD RECORD
    • Pada kolom name, isikan nama domain kamu dan tambahkan tanda titik di akhir.
    • Pada kolom TTL, Secara default sudah terisi 14400.
    • Pada kolom Type, pilih TXT.
    • Pada kolom Record, pastekan kode verifikasi dari Google Search Console.
    • Jika sudah selesai, pilih ADD RECORD
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 4 Pilih Add Record
  5. Kembali ke form verifikasi domain Google Search Console, kemudian pilih Verifikasi.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 5 Pilih Verifikasi
  6. Jika muncul pesan error Verifikasi kepemilikan Gagal, jangan khawatir. Itu terjadi karena pihak penyedia layanan domain membutuhkan waktu sampai settingan DNS yang sudah kita konfigurasi tadi di perbaharui. Klik OK kemudian tunggu beberapa menit, kemudian lakukan verifikasi kembali.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 6 Verifikasi Kepemilikan Gagal
  7. Setelah sekitar beberapa menit menunggu, akhirnya Kepemilikan telah diverivikasi, kemudian pilih Buka Properti.
    Cara Verifikasi Domain Melalui Data DNS di Cpanel 7 Pilih Buka Properti
  8. Selamat, kamu baru saja berhasil memverifikasi kepemilikan domain melalui data DNS Google Search Console. Kini website kamu sudah terdaftar di Google Search Console.

Dengan mendaftarkan website kamu ke Google Search Console, kamu bisa mengetahui bagaimana perkembangan website kamu dalam persaingan untuk tampil di halaman pertama pada hasil pencarian Google. Namun, mendaftarkanya saja tidak cukup, kamu perlu untuk segera melakukan pengindeksan setiap kali kamu selesai membuat artikel, supaya mesin pencari Google dapat segera menelusuri website kamu dan menampilkan artikel terbaru kamu ke dalam hasil pencarian.

Cara Index atau Submit Artikel Blog ke Google Search Console

Sekian dari cara verifikasi website blogger atau wordpress ke Google Search Console. Ikuti situs kami Tutorial.web.id untuk mendapatkan tutorial lainnya seputar blogging. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel