Cara Daftar dan Submit Blog Ke Bing Webmaster 2022

Cara Daftar dan Submit Blog Ke Bing Webmaster 2021- tutorial.web.id

Apakah kamu sedang mencari Search Engine atau mesin pencari lain selain Google?. Mendaftarkan dan mensubmit blog atau artikel ke semua search engine merupakan langkah yang sangat tepat untuk meningkatkan SEO dan memperluas jangkauan visitor supaya dapat mengunjungi website atau blog kamu. Ada banyak sekali search engine selain Google, salah satunya yang cukup terkenal adalah Bing Search Engine. 

Apa itu Bing?

BING merupakan salah satu search engine besar milik Microsoft, Sebelumnya Microsoft memiliki 3 mesin pencari, yaitu MSN Search, Windows Live Search dan Live Search, namun ketiganya masih belum bisa untuk mengalahkan mesin pencari Google. Dengan tekad yang kuat, Microsoft terus menganalisis kelemahan-kelemahan mesin pencari Google untuk mengembangkan mesin pencari terbarunya yaitu Bing. 

Pada peringkat Alexa, bing.com menduduki peringkat ke-35 untuk website yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Sebelum mendaftarkan atau mensubmit blog kamu ke mesin pencari bing, pastikan blog kamu juga sudah didaftarkan atau diindex ke Google Webmaster Tools atau yang sekarang berubah nama menjadi Google Search Console.
Cara submit blog ke Google supaya cepat terindex

Mengapa Harus Submit Blog ke Bing

  • Meningkatkan SEO.
    Bing merupakan salah satu dari sekian banyak Search Engine selain Google. Bing juga termasuk mesin pencari yang populer dan palling banyak digunakan setelah Google. dengan submit blog ke bing, visitor organik kamu tidak hanya berasal dari google saja, tapi kamu juga mendapatkan visitor organik dari Bing Search Engine.
  • Persaingan Sedikit.
    Banyak para blogger yang tidak begitu peduli dengan mesin pencari Bing, dengan begitu, persaingan kata kunci lebih sedikit dan blog kamu dapat lebih mudah meraih halaman pertama (page one) dibandingkan dengan pencarian Google yang persainganya sangat banyak.
  • Cara Submit blog mudah.
    Cara untuk mengelola Bing Webmaster Tools sangat mudah, Jika kamu sudah terbiasa atau familiar menggunakan Google Search Console (GSC), kami yakin kamu tidak akan kebingungan untuk menggunakan Bing Webmaster Tools karena halaman dashboard, menu dan fungsinya hampir sama seperti dashboard pada Google Search Console. 

Meskipun Google lah yang menjadi raja mesin pencari di dunia maya. tetapi banyak juga para blogger yang mulai mengoptimalkan penggunaan Bing Search Engine demi menambah Visitor Organic atau pengunjung organik. Berikut adalah cara daftar dan submit blog ke Bing Webmaster Tools.

Cara Daftar dan Submit Blog Ke Bing

  1. Kunjungi Situs Bing Webmaster Tools.
  2. Pada pojok kanan atas, pilih sign in.
  3. Sign in menggunakan Gmail. kalau bisa kamu sign in menggunakan akun gmail yang sama untuk login ke Google Search console supaya kamu dapat impor data secara instan dan tanpa verifikasi.

    Cara Submit Blog Ke Bing 1 Sign In

  4. Jika kamu sign in bing dengan email yang sama dengan login akun GSC maka kamu bisa pilih bagian sebelah kiri. jika tidak, kamu bisa pilih bagian sebelah kanan dan memasukan alamat blog kamu yang ingin disubmit. supaya mempermudah dan mempercepat waktu pilih yang bagian kiri.

    Cara Submit Blog Ke Bing 2 Pilih Import

  5. Muncul Verifikasi "What data will be imported from your Google Search Console account and how will we use it?", pilih Continue.
  6. Login menggunakan akun gmail kamu yang sama dengan akun untuk login GSC.
  7. Muncul Verifikasi "Pastikan Anda mempercayai bing.com", Pilih Izinkan atau Allow.
  8. Beri centang pada blog kamu kemudian pilih Import.

    Cara Submit Blog Ke Bing 3 Pilih Import

  9. Selamat, kamu baru saja berhasil mendaftarkan atau submit blog ke mesin pencari Bing. kamu juga bisa submit lebih dari satu blog atau website. kalau cara diatas dengan cara otomatis import, kali ini kami akan menjabarkan cara submit blog ke Bing dengan akun gmail yang berbeda. Mungkin cara ini sedikit merepotkan, karena nantinya kamu perlu menambahkan script yang disediakan oleh bing ke kode html blog kamu. Berikut adalah caranya.
  10. Pada pojok kiri atas pilih tanda panah kebawah kemudian pilih "Add a site".

    Cara Submit Blog Ke Bing 4 Pilih Add a site

  11. Kali ini kita pilih yang sebelah kanan. pada bagian "Add your site manually" masukan alamat blog kamu, kemudian pilih "Add".

    Cara Submit Blog Ke Bing 5 Pilih Add your site manually

  12. Pada "Choose one of the verification methods", pilih "HTML Meta Tag", kemudia copy script yang disediakan lalu paste script tersebut di blog kamu. Paste script tersebut setelah kode <head> atau sebelum kode </head>. Lanjutkan dengan pilih Verify.

    Cara Submit Blog Ke Bing 6 Pilih Verify

  13. Selamat, kamu baru saja berhasil menambahkan blog untuk di submit ke Bing Webmaster Tools. Kemudian pilih Done.

    Cara Submit Blog Ke Bing 7 Pilih Done

Kamu baru saja berhasil mensubmit 2 blog ke Bing Search Engine dengan dua cara yang berbeda. tidak cukup sampai di sini, langkah selanjutnya kita perlu mensubmit sitemap kita ke Bing.

Apa Itu Sitemap ?

Sitemap atau peta situs adalah file berekstensi .xml yang di dalamnya berisi kode-kode supaya search engine dapat mengetahui apa saja konten-konten dari suatu website atau blog. Pada blogger kamu dapat membuat sitemap dengan mudah, kamu cukup dengan menambahkab kode /sitemap.xml setelah url hompage atau alamat utama blog kamu.

Contoh : https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml
Contoh custom domain : https://blogkamu.my.id/sitemap.xml


Cara Submit Sitemap ke Bing Webmaster

  1. Login situs Bing Webmaster Tools. 
  2. Pilih menu Sitemaps kemudian Pilih Submit Sitemap.

    Cara Submit Sitemap Blog Ke Bing 1 Pilih Submit Sitemap

  3. Masukan alamat sitemap blog kamu
    Contoh : https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml
    kemudian pilih submit.

    Cara Submit Sitemap Blog Ke Bing 2 Pilih Submit

  4. Selesai, kamu baru saja berhasil submit sitemap ke Bing Webmaster Tools.
Setelah berhasil menambahkan atau sumbit sitemap blog kamu ke Bing, langkah terakhir yaitu mensubmit artikel-artikel blog kamu. Namun sayangnya, Bing membatasi hanya bisa submit 10 url artikel tiap harinya. berikut kami jabarkan cara submit artikel ke Mesin Pencari Bing.

Cara Submit Artikel ke Bing

  1. Login situs Bing Webmaster Tools.
  2. Pilih Menu Url Inspection kemudian masukan url artikel blog kamu lalu pilih Inspect.

    Cara Submit Artikel Ke Bing 1 Pilih URL Inspection

  3. Pilih Request Indexing.

    Cara Submit Artikel Ke Bing 2 Pilih Request Indexing

  4. Pilih Submit. Seperti yang sudah kami jelaskan, maksimal request indeks ke bing hanya 10 url setiap harinya.

    Cara Submit Artikel Ke Bing 3 Pilih Submit

  5. Selesai, kamu baru saja berhasil meminta pengindeksan artikel ke Bing. Cepat lambatnya artikelmu diindeks adalah tergantung banyaknya antrian, proses pengindeksan bisa hanya beberapa hari saja atau bahkan sampai beberapa minggu.
Untuk melihat perkembangan selanjutnya kamu bisa memilih menu Search Perfomance, untuk kamu yang baru saja mendaftar blog di Bing, mungkin menu ini masih belum dapat segera menampilkan data, kamu harus menunggu paling tidak 2 hari atau lebih.

Selagi kamu menunggu pengindeksan artikel blog selesai, kamu bisa mencoba mendaftarkan blog kamu ke banyak mesin pencari selain Google dan Bing. Sehingga kamu bisa meraup banyak kunjungan organik melalui Mesin Pencari atau Search Engine.

Semua tutorial di atas sama seperti Google webmaster bukan, cukup sekian dulu tutorial cara mendaftarkan atau mensubmit blog ke Bing Webmaster Tools. Ikuti blog kami untuk mendapatkan tutorial lainnya seputar blogger. jika kamu mengalami beberapa kesulitan atau ingin bertanya silakan tinggalkan komentar di bawah.
Beri Komentar

1 Komentar

  • Blognoler
    terimakasih min, tutorialnya lengkap dan mudah dipahami. salam kenal dari blogger pemula
Cancel