Cara Mengatasi Double Akun AdSense (2 Akun Duplikat)

@erwantoimam
Cara Mengatasi Double Akun Adsense - Tutorial.wed.id

Apakah kamu baru saja menerima laporan penolakan dari Google Adsense?. Jika iya, sudah berapa kali kamu ditolak oleh Google Adsense?.

Untuk para blogger dan youtuber (pejuang AdSense), dapat diterima oleh Google Adsense merupakan hal yang sangat diimpi-impikan. 

Sebagai content creator mereka saling berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas supaya dapat diterima (approve) oleh Google Adsense atau biasa disingkat menjadi GA.

Google Adsense adalah Program periklanan milik google yang menghubungakan antara pengiklan (advertiser) dengan penerbit (publisher).

Pada pembahasan ini, kita berada di posisi sebagai calon publisher (penerbit) Google Adsense. Namun, kita sedang mengalami kendala dalam proses pendaftaran yang berkaitan dengan double akun atau duplikat akun Google Adsense.

[Tutorial.web.id] Sedikit cerita, Saat kami sedang riset untuk mencaritahu seperti apa spesifikasi minimal sebuah blog supaya lolos diterima oleh Google Adsense, kami mencoba untuk mendaftarkan 2 akun AdSense pada 1 blog.

Sebelum kami mencoba untuk membuat double akun adsense, kami ditolak Google Adsense dengan alasan konten terlalu sedikit. Saat kami mencoba untuk mendaftarkan akun duplikat adsense satunya, kami tetap ditolak namun dengan alasan "Pastikan Anda tidak memiliki akun AdSense lain". 

Berikut adalah cuplikan gambar dari penolakan Google AdSense karna masalah double akun AdSense.

Cara Mengatasi Double Akun Adsense - Perbaiki Masalah

Pesan dari Google AdSense di atas kira-kira seperti ini.


Anda harus memperbaiki beberapa hal agar dapat menggunakan AdSense.

Kami tidak dapat menghubungkan situs Anda ke AdSense, Pastikan:

  • Situs Anda mematuhi Kebijakan Program AdSense
  • Anda tidak memiliki akun Adsense lain, karena kami hanya mengizinkan 1 akun per pengguna. Jika Anda memiliki akun AdSense lain, tutup akun tersebut untuk menggunakan akun AdSense ini.

Atau versi berbahasa Inggrisnya seperti ini.

We can't connect your site to Adsense. Please make sure that:

  • Your site adheres to AdSense Program Policies
  • You don't already have another AdSense Account, as we only allow one account per person. If you do have another Adsense account, please close it in order to use this one.

Ada 2 poin yang menjadi penyebab kenapa kami ditolak mendaftar AdSense.

  1. Situs blog yang kami daftarkan tidak sesuai dengan kriteria program AdSense.
  2. Kami memiliki double akun AdSense atau duplikat akun AdSense.

Pada pembahasan ini, kami hanya fokus pada poin ke-2, karena jika poin ke-2 sudah teratasi maka pesan perbaikan pada poin 1 akan dijabarkan lebih detail, apakah karena artikel sedikit atau navigasi yang belum sesuai dan lain-lain.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi double akun AdSense, kamu harus tahu terlebih dulu apa penyebab dari duplikat akun ini, sehingga kamu lebih memahami bagaimana cara penanganannya nanti.


Apa Penyebab Double Akun AdSense?

Lebih dari satu akun per pengguna

Pihak Google AdSense menegaskan bahwa setiap satu orang hanya boleh memiliki 1 akun AdSense. Pastikan kamu hanya memiliki 1 email yang didaftarkan ke Google AdSense. 

Lantas, bagaimana jika kamu terlanjur mendaftarkan 2 email ke Google AdSense?, kasus inilah yang yang kami alami, tapi tenang saja, karna kami memiliki cara mengatasi double akun AdSense ini yang nantinya kami bahas.

Bagaimana jika kamu sudah yakin sekali bahwa kamu hanya mendaftarkan 1 email saja ke Google AdSense tapi kamu tetap terkena pelanggaran double Akun AdSense?. Ada beberapa aspek penting yang harus kamu perhatikan saat mendaftarkan email ke Google Adsense.

  1. Nomor hanphone untuk verifikasi

    Pastikan nomor hanphone yang sudah kamu verifikasi pada email utama, belum pernah digunakan juga untuk akun email lain yang sudah didaftarkan Google AdSense.

    Contoh Kasus
    :
    email kamu dan email kakakmu menggunakan verifikasi nomor hp yang sama, tetapi email kakamu lebih dulu mendaftarkan Google AdSense, maka ketika kamu mendaftarkan email kamu ke Google AdSense, Adsense akan mendeteksi nomor hp sudah pernah didaftarkan AdSense sehingga kamu ditolak karena double akun Adsense.

    Solusinya
    :
    kamu harus menghapus salah satu akun adsense pada email kamu atau email kakamu, yang nanti kami bahas cara menghapus akun Adsense dari Gmail.

  2. Data diri dan Alamat

    Kasusnya sama dengan nomor satu, kamu tidak bisa mendaftarkan 2 akun gmail ke Google AdSense dengan data diri yang sama seperti nama, alamat dan kode pos.

Bagaimana jika ada double akun yang terlanjur mendaftar ke Google AdSense, solusinya adalah pilih salah satu akun untuk dihapus akun Adsensenya sehingga akun kamu yang satunya bisa lolos dari kesalahan duplikat akun. 

Berikut adalah cara menghapus akun adsense yang ditolak karena double akun adsense atau cara membatalkan akun adsense yang tidak ada tombol cancel.


Cara Menghapus Akun AdSense pada Gmail

  1. Login ke Dashboard AdSense menggunakan email yang ingin dihapus atau dibatalkan akun AdSensenya.
  2. Pilih Photo Profile pada pojok kanan atas kemudian pilih My Account (akun saya).

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 1 Pilih My Account

  3. Pilih Payments & subscriptions (Pembayaran & Langganan) kemudian pilih Manage payment methods (kelola metode pembayaran).

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 2 Pilih Payment Methods

  4. Pilih Settings (setelan), pada payment profile status pilih close payments profile.

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 3 Close Payment

  5. Akan muncul pop up, scrol ke paling bawah, pada pertanyaan "why are you closing your payments profile" pilih jawaban "I had a bad experiance with a seller" kemudian pilih Continue.

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 4 Pilih bad experiance

  6. Ketika muncul pop up lagi pilih Close payments profile.

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 5 Close Payments Profile

  7. Cek email, pastikan kamu mendapatkan email dari Google Adsense yang berisi "Your Account was Canceled".

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 6 Cek email

  8. Selamat, kamu baru saja berhasil menghapus atau membatalkan akun adsense pada akun gmail.

    Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 7 Your account was canceled
    Pesan di atas jika diterjemahkan kira-kira artinya seperti ini: "Akun Google AdSense Anda baru-baru ini dibatalkan. Anda akan menerima pembayaran akhir pada siklus berikutnya, jika saldo Anda lebih dari Rp130.000,00. Pembayaran apa pun kurang dari Rp130.000,00 tidak akan diproses."

Setelah kamu berhasil menyelesaikan cara mengatasi double akun AdSense, kamu bisa kembali mengajukan permohonan. 

Cara Menghapus Akun Adsense pada gmail 8 Ajukan Permohonan

kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu kembali mendaftar Google AdSense, semoga saja lekas diterima (approve). 

Jika ternyata masih ditolak, berarti ada email lain yang masih memiliki identitas nomor dan data diri yang sama. Hapus akun AdSsnese dari email yang lain itu menggunakan cara yang sama seperti di atas.

Jika kamu lupa akses login Gmail tersebut sehingga kamu tidak bisa menghapus akun AdSense, kamu bisa membuat email baru dengan nomor hp, identitas diri dan alamat yang berbeda.


Sekian dari tutorial cara mengatasi double akun AdSense dengan menghapus atau membatalkan akun AdSense dari gmail. Ikuti website kami untuk mendapatkan tutorial lainya tentang Google AdSense. 

Jika kamu masih bingung, kamu bisa tingalkan komentar di bawah. Semoga perjuanganmu mendaftar Adsense berhasil (diterima).

Beri Komentar

Komentar

Cancel