Cara Daftar dan Submit Blog ke Yandex Webmaster 2021

Cara Daftar dan Submit Blog ke Yandex Webmaster 2021

SEO (Search Engine Optimization) adalah segala usaha atau upaya untuk mengoptimalkan website atau blog supaya dapat tampil di halaman pertama pada mesin pencari atau search engine, para blogger sering menyebutnya dengan istilah pejwan (page one / halaman pertama). Salah satu hal penting dalam SEO adalah mendaftarkan atau mensubmit blog kamu ke search engine terlebih dahulu. 

Search Engine atau mesin pencari atau mesin telusur adalah sebuah program yang dirancang untuk menampilkan data pada suatu website yang berkaitan dengan kalimat pencarian, contoh yang paling terkenal adalah Google Search Engine. Sebenarnya ada banyak search engine yang bisa kamu gunakan selain Google, yaitu Bing search engine milik Microsoft dan Yandex search engine.

Cara supaya blog kamu cepat terindex di Google.
Cara Daftar dan Submit Blog ke Bing Webmaster.

Apa itu Yandex Search Engine?

Yandex merupakan salah satu mesin pencari yang menjadi kebanggan nasional warga Rusia. Sebelum Google, ternyata Yandex sudah lebih dulu didirikan oleh Ilya Segalovich dan Arkady Volozh. Tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari, Yandex yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Rusia ini, juga memiliki banyak layanan seperti pencarian gambar, video, layanan email gratis, maps, translate, browser dan masih banyak lagi.

Mengapa Harus Submit Blog ke Yandex?

Meningkatkan kunjungan organik.

Kunjungan Organik adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari tanpa menggunakan iklan berbayar. Walaupun kamu sudah mengoptimalkan penggunaan Google Webmaster tools atau yang sekarang berubah nama menjadi Google Search Console (GSC). Mendaftarkan atau mensubmit blog kamu ke banyak search engine bukanlah hal yang sia-sia. Karena peringkat blog kamu di google tidak selamanya berada di atas, terkadang peringkat bisa naik dan turun bahkan bisa saja menurun derastis sehingga kita tidak dapat kunjungan sama sekali. Sebagai alternatifnya, Yandex bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kunjungan organik yang berasal dari mesin pencari Yandex.

Meningkatkan SEO.

Search Engine Optimization, mengoptimalkan penggunaan search engine tidak hanya berlaku untuk Google saja, namun mengoptimalkan penggunaan berbagai macam Search Engine, dengan begitu asal kunjungan menjadi lebih bervariatif.

Persaingan Sedikit.

Beberapa blogger hanya fokus mengoptimalkan mesin pencari Google saja, padahal tidak sedikit blogger yang mulai memanfaatkan mesin pencari lainya seperti Bing dan Yandex. Dengan persaingan yang sedikit, maka artikel kamu memiliki peluang lebih besar untuk tampil pada halaman pertama pada pencarian Yandex.

Penggunaan yang Mudah.

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Google Search Console (GSC), kamu tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam menggunakan Yandex Webmaster, karena dashboard, konsep dan fungsi yang hampir sama dengan GSC maupun Bing Webmaster.

Berikut cara mudah mendaftarkan blog dan submit sitemap ke Mesin Pencari Yandex yang kami jabarkan dengan lengkap menggunakan gambar supaya lebih mudah untuk dipahami.


Cara Daftar dan Submit Blog ke Yandex

  1. Kunjungi situs Yandex Webmaster.
  2. Pilih Log in.
  3. Untuk mempercepat pendaftaran, pilih log in dengan Gmail atau Facebook.

    Cara Submit Blog ke Yandex 1 Pilih Gmail

  4. Muncul "Welcome to Yandex.Webmaster", pilih Go.
  5. Pada Dashboard pilih Add site.

    Cara Submit Blog ke Yandex 2 Add Site

  6. Masukan alamat blog kamu, kemudian pilih Add.

    Cara Submit Blog ke Yandex 3 Pilih Add

  7. Pilih Meta tag, kemudian copy code yang disediakan lalu pastekan di Edit HTML pada blogger. letakan kode tersebut sesudah kode <head> atau sebelum kode </head>. Kalau sudah di pastekan, pilih Check.

    Cara Submit Blog ke Yandex 4 Pilih Check

  8. Jika verifikasi Meta tag berhasil, Masukan alamat email kamu jika ingin menerima pemberitahuan dari Yandex Webmaster. jika tidak, kamu bisa pilih Don't send email notifications kemudian pilih Confirm.

    Cara Submit Blog ke Yandex 5 Pilih Confirm

  9. Selamat, kamu baru saja berhasil mendaftarkan blog kamu ke Yandex Webmaster. kamu bisa melihat halaman dashboard utama dengan memilih menu "Summary" di sebelah kiri.
Setelah kamu mensubmit blog kamu, langkah selanjutnya adalah mensubmit Sitemap blog kamu ke Yandex Webmaster. 

Sitemap adalah file .xml yang di dalamnya berisikan kode-kode supaya mesin telusur atau mesin pencari dapat memahami apa saja artikel yang ada di blog. Sitemap sendiri sudah ada dan tersedia pada blogger, jadi kamu hanya tinggal memanggilnya saja. Berikut cara mensubmit sitemap blog ke Yandex Webmaster.

Cara Submit Sitemap Blog ke Yandex

  1. Buka situs Yandex Webmaster.
  2. Pilih Log in.
  3. Pada menu sebelah kiri pilih Indexing kemudian pilih Sitemap files. Pada form Sitemap file, masukan sitemap seperti kode di bawah kemudian pilih Add satu persatu.

    https://www.tutorial.web.id/sitemap.xml
    https://www.tutorial.web.id/atom.xml
    https://www.tutorial.web.id/feeds/posts/default?max-results=1000

    Ganti www.tutorial.web.id di atas menjadi alamat blog kamu, Sesuaikan nilai max-result harus lebih besar dari jumlah artikel blog kamu. Add sitemap di atas satu persatu.


    Cara Submit Sitemap ke Yandex 1 Pilih Add

  4. Maka akan mucul pesan pemberitahuan yang jika diterjemahkan artinya kira-kira seperti ini "Peta Situs telah ditambahkan ke antrian pemrosesan. Saat diproses, data akan diperbarui secara otomatis. Prosesnya membutuhkan waktu hingga 1-2 minggu. Jika Diagnostik menampilkan peringatan tentang tidak adanya file yang diproses, itu juga akan hilang setelah pemrosesan selesai".
  5. Selamat, kamu baru saja mensubmit sitemap pada Yandex Webmaster, kamu hanya perlu menunggu 1 sampai 2 minggu tergantung banyaknya antrian.
Setelah submit sitemap maka langkah selanjutnya adalah mensubmit artikel blog kamu ke Yandex Webmaster, berikut adalah caranya.

Cara Submit Artikel ke Yandex

  1. Kunjungi situs Yandex Webmaster.
  2. Pilih Log in.
  3. Pada bagian sebelah kiri pilih menu Indexing.
  4. Pilih Check URL Status.
  5. Pada form Check URL Status, masukan url artikel blog kamu kemudian pilih Check. setelah url artikel blog kamu tampil pada list lalu pilih track.

    Cara Submit Artikel ke Yandex 1 Pilih Track

  6. Submit semua artikel blog kamu satu persatu dengan cara yang sama.
  7. Selamat, kamu baru saja mensubmit artikel blog kamu ke Yandex Webmaster. Lama tidaknya artikelmu diindeks adalah tergantung banyaknya antrian.
Untuk melihat perkembangan selanjutnya kamu bisa lihat statistiknya dengan memilih menu Summary. Sekian dari cara mendaftar atau mensubmit blog ke Yandex Webmaster. 
Selain mesin pencari Yandex dan Google, ada mesin pencari BING yang popularitasnya masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan yandex. Kamu bisa mendaftarkan blog kamu ke Bing dengan cara yang mudah dan lengkap melalui link di bawah ini. Cara mendaftar dan mensubmit sitemap serta artikel sama seperti mensubmit pada Yandex Webmaster.
Semoga cara ini dapat memberi pengaruh yang besar terhadap perkembangan blog kamu. Silakan tinggalkan komentar di bawah jika kamu masih bingung atau ingin memberikan kritik dan saran.

Beri Komentar

Komentar

Cancel