Tips Memilih dan Contoh Nama Domain Yang Bagus

@erwantoimam
Contoh Nama Domain yang Bagus

Apakah kamu sedang bingung memilih nama domain, lantaran nama untuk sebuah domain makin lama makin tidak tersedia karena banyaknya situs web baru yang terus bermunculan. untuk menyikapi hal tersebut, pihak penyedia layanan domain pun mengeluarkan banyak TLD domain baru.

Apa itu TLD Domain?

TLD (Top Level Domain) adalah esktensi pada nama domain yang posisinya di bagian akhir dari nama domain. Lebih mudahnya sama seperti file video yang memiliki banyak ekstensi seperti .3gp, .mp4, .mkv. nama domain pun juga memiliki ekstensi seperti .com, .net, .org, .id dan lain-lain, ekstensi pada domain inilah yang disebut TLD Domain. Berikut adalah contoh struktur alamat website.

Struktur alamat website atau nama domain - tutorial.web.id

Setiap kamu membeli domain, kamu bisa membuat banyak sub domain tergantung dari paket pembelian domain. Fungsi dari subdomain ini adalah membuat 2 website atau lebih namun dengan nama domain yang sama, seperti contoh di atas www. merupakan alamat default untuk wikipedia.org yang berbahasa inggris, sedangkan id. merupakan situs yang berbeda dengan www. di mana id. dikhususkan untuk materi berbahasa indonesia.

Pada artikel ini kami akan membahas cara-cara dan tips memilih nama domain yang tepat, yang bagus dan sesuai dengan keperluannya. Berikut adalah beberapa contoh TLD domain yang paling populer berserta keperluan atau kegunaannya.


KEPERLUAN TLD DOMAIN
Kategori TLD KEPERLUAN
Kode Negara .us Amerika Serikat
.my Malaysia
.sg Singapura
.au Australia
.jp Jepang
Indonesia .id Indonesia
.ac.id Perguruan Tinggi
.co.id Perusahaan
.sch.id Sekolah
.go.id Pemerintahan
.desa.id Pemerintahan Desa
.web.id Personal, Organisasi
.my.id Personal, umum
.or.id Organisasi
.net.id Telekomunikasi
Populer .com Komersil, Umum
.net Teknologi, Jaringan
.org Organisasi
.info Informasi
.biz Bisnis
.online Personal, Stratup
.site Website Profesional
.xzy Umum
.name Personal
.blogspot.com Blog
Tutorial.web.id

Ada banyak sekali TLD domain, namun kami hanya menampilkan beberapa yang paling umum atau populer. Memilih TLD yang sesuai dengan website kamu tentu akan meningkatkan kredibelitas serta terlihat lebih profesional. Berikut adalah tips memilih nama domain dan contoh nama domain yang bagus dan SEO.

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

  1. Memilih nama yang singkat.
  2. Mudah dieja, diucapkan dan diketik.
  3. Hindari kata penghubung (-).
  4. Gunakan nama brand atau niche website.
  5. Tambahkan nama wilayah.
  6. Jangan memilih nama yang memiliki hak cipta
  7. Memilih TLD Domain yang sesuai.
  8. Membeli nama domain lebih dari satu.
  9. Riset harga promo domain, dan harga perpanjang.
  10. Cek ketersediaan dan segera miliki.

Sebenarnya kamu bebas memilih nama domain untuk tujuan tertentu, namun jika kamu ingin memiliki nama domain yang baik untuk membangun bisnis ataupun brand maka kami rekomendasikan tips dalam memilih nama domain. Supaya kamu lebih memahami poin-poin di atas, berikut kami jabarkan secara jelas dan lengkap.


1. Memilih nama yang singkat

Menggunakan nama domain yang singkat atau pendek akan dapat lebih mudah untuk diingat. banyak situs besar yang biasa kita kunjungi juga memiliki nama yang singkat seperti:

  • google.com (6 huruf).
  • facebook.com (8 huruf).
  • twitter.com (7 huruf).
  • instagram.com (9 huruf).
  • youtube.com (7 huruf).
Jangan memilih nama domain yang sangat panjang seperti contoh nama domain:
belajarbuatwebsitemudah-69.blogspot.com. Jangankan untuk mengingat alamat website tersebut, untuk membacanya saja sudah malas. Bahkan jika situs tersebut tampil di halaman pencarian google, maka alamat url yang tampil dapat memenuhi ruang untuk URL dan Breadcrumb pada deskripsi link di pencarian Google.
Kamu bisa memilih nama domain yang singkat mulai dari 3 sampai 10 huruf. ada pun manfaat memilih nama domain yang pendek yaitu:
  • Lebih mudah diingat.
  • Bisa ditampilkan di bagian header tanpa menghilangkan nilai keindahan.

    Tips Memilih Nama Domain - Tutorial.web.id

  • Lebih elegen dan profesional ketika dibagikan ke media sosial.

    Tips Memilih Nama Domain - Tutorial.web.id

  • Bisa membuat atau menambahkan sub domain dan tetap mudah untuk diingat seperti contoh nama domain drive.google.com atau translate.google.com.

2. Mudah Dieja, Diucapkan dan Diketik

Mudah DiejaWalaupun nama domain kamu sudah singkat namun tetap harus mudah dieja. Maksudnya mudah dieja adalah tidak menggunakan kata-kata yang sulit dipahami seperti.

jgjkrt.com alih alih ingin membuat website tentang Yogyakarta tetapi nama domainya justru sulit untuk dieja.

Kesalahan pada pengejaan nama domain dapat membuat situs kamu dicurigai sebagai situs spamming atau phishing.

Mudah Diucapkan. kamu juga harus memperhatikan bagaimana jika nama domain kamu diucapkan, apakah membingungkan pendengar atau tidak. Seperti contoh.
blog123.com jika diucapkan, maka pendengar akan bingung apakah blog123.com atau blogsatuduatiga.com.

Hindari penggunaan angka supaya dapat lebih mudah dipahami ketika diucapkan, kecuali kamu memang memiliki nama brand yang sudah terkenal yang menggunakan kombinasi angka.

Mudah Diketik. hindari duplikat huruf yang sama dan berdekatan, sehingga saat diucapakan dan kemudian diketik justru malah tidak sesuai, seperti contoh nama domain :

baajukereen.com ketika kamu mendengar baju keren pasti kamu akan mengetikan bajukeren.com saja, padahal bukan itu yang dimaksud, hal seperti ini sangat merepotkan pemilik website untuk menjabarkan huruf yang duplikat.

3. Hindari kata penghubung (-)

Menggunakan kata penghubung (-) atau strip memang bisa menjadi alternatif karena susahnya mencari nama domain khususnya .com. namun penggunaan strip ini memiliki kelemahan yang cukup fatal, seperti contoh nama domain:

bajukeren-jogja.com. ketika kamu mengingatnya, justru yang kamu ingat hanya bajukerenjogja.com bukan?, secara tidak langsung dan tidak sadar kamu justru mempromosikan situs orang lain.

4. Gunakan nama Brand atau Niche Website

Setiap bisnis pasti memiliki produk atau layanan, supaya bisnis dapat lebih diingat oleh konsumen adalah dengan membuat nama brand pada produk dan layanan tersebut, Seperti halnya nama brand ADIDAS, ketika kamu mendengarnya pasti kamu memikirkan sebuah produk yaitu Sepatu. Adidas juga menggunakan domain adidas.co.id supaya lebih kredibel dan sesuai dengan nama brandnya.

Lantas, bagaimana jika kamu membangun sebuah blog atau website tapi tidak memiliki tujuan untuk memasarkan suatu produk atau memebesarkan nama sebuah brand?

Selain menggunakan nama brand, kamu juga bisa menggunakan niche website. Niche Website adalah topik dari sebuah website yang terfokus. misalnya saja situs tutorial.web.id ini yang membahas tutorial seputar website, maka situs ini hanya membahas topik seputar tutorial web saja. untuk itulah kami memilih tutorial.web.id sebagai kata kunci sekaligus niche website.

Banyak sekali para pakar SEO yang menggunakan kata kunci dari niche sebagai nama domain, tujuanya ialah supaya website dapat tampil di halaman pertama pada mesin pencari google dengan kata kunci terkait. 

Contoh lain situs yang memilih kata kunci sesuai niche sebagai nama domain yaitu: belajarweb.net, tempatberwisatamurah.com dan masih banyak lagi.


5. Gunakan nama wilayah

Menggunakan nama wilayah pada nama domain hampir sama dengan menggunakan kata kunci. Menggunakan nama wilayah dapat meningkatkan SEO pada website kamu. kamu juga bisa memilih pengunjung yang lebih tertarget. 

Seperti contoh, makanan gudeg merupakan makanan khas jogja, kamu bisa memilih nama domain gudegjogja.com, sehingga website kamu memiliki peluang besar untuk tampil di halaman pertama pada pencarian Google dengan kata pencarian "gudeg jogja".


6. Jangan memilih nama yang memiliki hak cipta

Pastikan kamu memilih nama yang tidak memiliki hak cipta (copyright). contoh nama domain yang melanggar hak cipta yaitu:

mbahgoogle.com, tanpa perizinan dari pihak Google, suatu saat nama domain tersebut akan dilaporkan dengan tuduhan pelanggaran hak cipta, kamu bisa dikenakan sanksi penghapusan domain bahkan dikenakan denda.

 

7. Memilih TLD domain yang sesuai

Sesuaikan TLD domain dengan website kamu, maksudnya adalah jika kamu mempunyai website "jual cupang" maka jangan gunakan TLD domain .net karena kurang sesuai. Kamu bisa menggunakan TLD Domain .com yang bersifat umum atau .shop supaya lebih relevan atau nyambung.


8. Membeli nama domain lebih dari satu

Sebenarnya tips yang satu ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang baru saja belajar membuat website, karna akan membutuhkan banyak biaya untuk membeli dan memperpanjang langganan domain.

Namun tips ini sangat menunjang sekali untuk memperkecil persaingan kamu di mesin pencari Google, seperti contoh kamu membeli nama domain gudegjogja.com, gudegjoga.id, gudegjogja.shop.


9. Riset harga domain

Pada dasarnya, membeli domain bukan berati kamu memiliki domain tersebut selamanya, namun ada biaya langganan yang tiap tahunya harus kamu bayarkan, jika kamu tidak melakukan pembayaran untuk memperpanjang langganan maka nama domain kamu akan dijual kembali oleh pihak provider dan siapapun dapat membelinya. Pastikan kamu memperhatikan harga pembelian pada tahun pertama dan harga perpanjang tiap tahunnya.

Tips Memilih Nama Domain - Tutorial.web.id
Banyak orang yang tergiur dengan harga TLD domain yang murah, namun ternyata biaya perpanjangan pada tahun ke-2 dan seterusnya jauh lebih mahal.

Sebelum membeli TLD domain pastikan kamu mengetahui syarat dan ketentuan harga dan biaya perpanjang domain. Jika kamu ragu kamu bisa menghubungi layanan konsumen (CS).


10. Cek ketersediaan dan segera miliki

Cek ketersediaan nama domain yang ingin kamu gunakan, mencari nama domain makin lama makin sulit karena ketersediaannya yang sudah dimilki banyak orang, khususnya .com. Selain ketersediaan .com yang makin terbatas, kamu bisa menggunakan domain .id sebagai alternatif. 

Domain .id ini sudah mulai populer dan sudah banyak digunakan. bahkan banyak juga username instagram yang berakhiran .id, kamu bisa menggunakan .id pada website dan instagram untuk membangun brand kamu.

Segera miliki nama domain khususnya yang sedang trending. karna jika tidak, nama-nama yang sedang trending atau viral akan diburu oleh kolektor domain, yang nantinya dijual lagi dengan harga yang lebih mahal. Kamu bisa cek domain di Niagahoster melalui link di bawah ini

Gunakan kupon "Tutorialwebid" untuk mendapatkan potongan harga pembelian domain. Cek domain di sini.


FAQ - Tentang Domain

Apa itu Domain?

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. tanpa domain kita tidak tahu bagaimana kita mengunjungi toko online misalnya. shopee.co.id merupakan nama domain atau alamat websitenya shopee yang bisa kita kunjungi untuk berbelanja secara online.

Seberapa penting nama domain?

Nama domain sangat penting untuk membangun sebuah brand. karna dengan memiliki website dan domain yang sesuai dengan nama brand. pelanggan dapat mengaksesnya di mana saja kapan saja dengan internet untuk mendapatkan informasi.

Selain membangun brand, nama domain juga digunakan sebagai kata kunci supaya tampil pertama pada pencarian google, seperti contoh mebeljogja.com. Amankan sekarang juga nama domain yang memiliki kata kunci.

Berapa harga domain?

Tiap TLD domain memiliki harga yang berbeda. untuk TLD domain .com memiliki kisaran harga Rp. 100.000 - 200.000 per tahun. namun jika kamu ingin yang lebih murah kamu bisa menggunakan TLD domain .my.id dengan kisaran harga 12.000 per tahun.

Apa saja syarat membeli domain?

Untuk TLD domain internasional seperti .com .net .org tidak memiliki syarat apapun. Namun untuk beberapa domain indonesia seperti .co.id, .ac.id, .web.id dan sejenisnya membutuhkan beberapa persyaratan seperti KTP, Surat izin dan surat-surat keterangan lainya. 

Syarat itulah yang membuat TLD domain indonesia lebih terjamin. saat pembelian TLD .web.id ini pun kami wajib menyertakan identitas KTP.

Untuk TLD domain .id, ada beberapa provider yang mewajibkan menyertakan KTP ada juga yang tidak.

Dimana membeli domain terpercaya?

Ada banyak penyedia layanan domain lokal yang terpercaya, namun yang kami rekomendasikan adalah Niagahoster atau Domainesia, karena memiliki kualitas yang baik, respon layanan pelanggan (live chat) yang cukup cepat serta tampilan antarmuka yang tidak membingungkan.

Apakah membeli domain juga harus membeli hosting?

Jika kamu ingin membuat website berbasis wordpress kamu harus membeli paket hosting juga, namun jika kamu pengguna blogger kamu cukup membeli domainnya saja yang nantinya untuk menggantikan domain blogspot.com dengan cara custom domain.

Berapa lama masa aktif domain?

Setelah pembelian domain berhasil. maka kamu memiliki masa aktif minimal satu tahun, tergantung paket pembelian.

Bagaimana jika masa aktif domain habis (expired)?

Sebaiknya kamu melakukan perpanjangan masa aktif domain sebelum expired. Namun jika kamu lupa untuk memperpanjang masa aktif, biasanya pihak provider masih memberikan masa tenggang untuk segera melakukan perpanjangan.

Jika kamu sudah melewati masa tenggang, maka pihak penyedia layanan akan menjual kembali domain tersebut kepada siapapun.

Bagaimana jika domain tidak tersedia?

Jika misalnya nama domain yang kamu inginkan menggunakan .com ternyata tidak tersedia atau sudah dimiliki orang lain, kamu bisa menggunakan TLD domain lainnya yang juga populer seperti .net .id .my.id .online dan masih banyak lagi.

Jika kamu masih ingin mempelajari lebih banyak tentang website. kamu bisa mengikuti website kami untuk mendapatkan cara-cara tutorial seputar website. Sekian dari tips memilih nama domain yang bagus, keren dan SEO. Jika kamu memiliki tips lain silakan tinggalkan kritik dan saran melalui komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel