Pengertian Apa Itu Custom Domain Blogger

Apa Itu Custom Domain Blogger - Tutorial.web.id.jpg

Apakah kamu memiliki masalah dengan nama domain dari blogger.com?, Blogger.com merupakan salah satu layanan dari Google di mana kita dapat membuat website semacam blog secara gratis dan mudah. Meskipun cara membuatnya sangatlah mudah tetapi kamu akan mengalami kesulitan dalam memilih nama sub domain untuk blogspot.com.

Pada dasarnya saat kamu membuat blog di blogger, kamu akan memilih nama domain untuk blog kamu tersebut, Namun karena blogger sudah berdiri dari tahun 2003, maka sudah banyak sekali nama domain blogger yang sudah tidak tersedia karena sudah digunakan oleh orang lain.

Karena ketersedian nama doamian yang semakin menipis, membuat para blogger baru menggunakan nama domain yang sangat panjang bahkan tak sedikit dari mereka mengombinasikan angka pada nama domain mereka.

Menggunakan nama domain yang panjang tentu akan membuat pengunjung sulit untuk mengingatnya, sehingga membuat pengunjung tersebut tidak datang kembali ke blog kamu karena tidak mengingat nama domain blog kamu, meskipun artikel di blog kamu berkualitas. Namun dengan custom domain pada blogger akan menjadi solusi karena membuat nama blog kamu menjadi lebih singkat dan mudah diingat.


Apa itu Custom Domain?

Pengertian Custom Domain adalah Memungkinkan kamu memiliki domain yang bisa diarahkan ke website yang sudah ada. Sedangkan Custom Domain Blogger atau blogspot adalah mengarahkan domain yang kamu beli dari penyedia domain ke website blog kamu (blogger), Misalnya saja kamu membeli domain namaku.com di niagahoster (penyedia domain dan hosting), nantinya domain namaku.com bisa untuk menggantikan namaku123.blogspot.com.

Dengan custom domain blogspot, kamu jadi memiliki 2 domain (domainku.com dan namaku123.blogspot.com) yang mengarah pada satu blog yang sama. Hal ini akan membuat nama blog kamu menjadi lebih mudah diingat dan lebih profesional.

Secara sederhana, custom domain blogspot adalah mengganti nama domain namaku.blogspot.com menjadi namaku.com atau namaku.net dan lain sebagainya.


Contoh Website yang menggunakan Custom Domain Blogger

Salah satu contoh yang menerapkan custom domain blogspot adalah situs www.tutorial.web.id ini. Pada dasarnya situs ini dibuat menggunakan blogger.com yang memiliki nama domain tutorialweb-indo.blogspot.com. Kemudian membeli domain tutorial.web.id lalu dihubungkan ke blogger.

Pada awalnya kami mengalami kesulitan dalam membuat nama domain tutorial web di blogger, sehingga pada akhirnya kami terpaksa memilih nama domain yang panjang (tutorialweb-indo.blogspot.com).

Dengan custom domain, kini kami memiliki nama domain yang pendek dan mudah diingat (tutorial.web.id), namun tetap menggunakan hostingan gratis dari blogger.

Baca juga : Apa itu domain dan hosting

Kelebihan Custom Domain - Tutorial.web.id

Ciri-ciri Website yang menggunakan Custom Domain Blogger

Template blogger jaman sekarang sudah memiliki tampilan antar muka (interface) yang bagus-bagus, bahkan beberapa template premium memiliki desain layaknya toko online dan situs berita yang terlihat profesional.

Dengan menggunakan custom domain blogspot dan template premium, kamu sudah seperti memiliki website yang profesional, bahkan pengunjung biasa tidak mengira jika situs kamu hanyalah numpang hosting gratis di blogger.

Baca juga : Tips memilih nama domain yang bagus.

Meskipun secara tampilan, sulit untuk menebak apakah situs itu dari blogger atau bukan. Namun kamu bisa mengetahui situs tersebut dari blogger atau bukan dengan melihat link/URL pada salah satu artikel atau halaman pada website tersebut. Berikut adalah ciri-ciri website dari blogger.

  • Pada URL artikel, terdapat kode tahun dan bulan kapan artikel tersebut dibuat, seperti /2021/02/ setelah nama domain.
  • Pada URL halaman, terdapat kode /p/ setelah nama domain.
  • Pada bagian akhir URL artikel dan halaman, terdapat kode .html.

Contoh URL artikel : www.tutorial.web.id/2021/02/apa-itu-domain-dan-hosting.html
Contoh URL halaman : www.tutorial.web.id/p/about.html


Apa Kelebihan dan Kekurangan Custom Domain Blogger

Melakukan custom domain blogspot pada blogger lebih memiliki banyak manfaat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan custom domain blogger.

  • Kelebihan Custom Domain

    1. Domain lebih singkat dan mudah diingat.
    2. Blog terlihat lebih profesional.
    3. Terlihat ada keseriusan dalam membangun blog.
    4. Pada hasil pencarian google, tak sedikit pengunjung lebih memilih untuk membuka website dengan domain berbayar terlebih dahulu.
    5. Blog jadi lebih terurus karena ada biaya yang harus dibayarkan tiap tahun.
  • Kekurangan Custom Domain

    1. Harus membayar tagihan domain tiap tahun.
    2. Jika telat perpanjang dan domain kamu dibeli oleh orang lain, maka Google akan mengindeks situsmu dari awal.

Kami merekomendasikan Niagahoster dan Domainesia sebagai penyedia layanan untuk membeli domain, karena memiliki kemudahan dalam melakukan custom domain blogspot.

Sekian dari pembahasan mengenai apa itu custom domain blogger, Ikuti situs kami Tutorial.web.id untuk mendapat tutorial lainnya seputar blogger. Jika masih bingung, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Beri Komentar

Komentar

Cancel