Cara Daftar dan Submit Blog Ke Google Webmaster 2022

Cara Daftar dan Submit Blog ke Google - tutorial.web.id

Apakah kamu baru saja membuat Blog dan beberapa artikel ? Jika iya, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan atau mensubmit blog dan artikel-artikel kamu ke mesin pencarian yaitu Google. Pada dasarnya Google search engine atau mesin pencarian Google menjelajah atau merayap (crawl) semua website yang ada di internet setiap harinya, tanpa usaha pun suatu saat cepat atau lambat situs blogmu dan beberapa artikel lainya akan terindeks oleh google dengan sendirinya. 

Dengan terindeks oleh google berati situs kamu suda bisa tampil pada pencarian google dengan kata kunci tertentu dan halaman tertentu. Buat kamu yang sedang semangat-semangatnya membangun sebuah blog tentu akan terasa lama jika harus menunggu situs kamu terindeks oleh google dengan sendirinya. 

Ada cara bagaimana kamu bisa langsung meminta google untuk segera mengindeks situs dan artikel barumu, namun meskipun kamu sudah meminta google untuk melakukan pengindeksan pada situs blog kamu, kamu tetep harus menunggu antrian, karna banyak juga para blogger lainya yang meminta pengindeksan. walaupun tetap menunggu antrian, melakukan pengindeksan manual tetap jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menunggu google yang mengindeks situs blog kamu secara mandiri.

Kenapa Blog harus didaftarkan ke Google

  • Supaya artikel blog kamu dapat dibaca banyak orang.
    Hampir setiap orang pernah melakukan pencarian apapun di Google. entah mencari informasi, berita, jual beli barang, bahkan mencari lagu yang tak dikenal dengan mengetikan potongan lirik. Sayang sekali bukan jika artikel kamu yang berkualitas justru tidak dapat ditemukan pada mesin pencarian Google.
  • Meningkatkan SEO.
    SEO adalah segala upaya supaya website kamu bisa tampil di halaman pertama pada pencarian Google. Banyak dari kalangan blogger yang berusaha, tidak hanya supaya terindeks oleh google, namun juga berupaya keras untuk meraih posisi halaman satu (page one), 
    kalangan blogger sering menyebutnya dengan istilah pejwan (page one). Karena jika blog kamu bisa meraih halaman satu, kamu akan kebanjiran banyak visitor atau pengunjung atau warga net. banyaknya visitor dapat kamu ubah menjadi media promosi dan iklan, dengan begitu kamu dapat menghasilkan uang diinternet secara online dengan blogger.
Pada artikel ini kami akan menjabarkan tutorial lengkap cara mendaftarkan atau mensubmit situs dan artikel blog kamu ke google, supaya nantinya situs dan artikel blog kamu dapat tampil dan dibaca banyak orang di mesin pencarian Google. Cara yang akan kami jelaskan hanya untuk platform blogger saja, untuk wordpress nanti menyusul. Cara paling mudah mengindeks situs blog dan artikelmu adalah dengan menggunakan Google Webmaster atau sekarang sudah berganti nama menjadi Google Search Console (GSC).

Apa itu Google Search Console?

GSC (Google Search Concole) merupakan salah satu layanan gratis dari google yang membantu para webmaster dan para blogger supaya lebih mudah memperlihatkan website dan artikelnya kepada google, beserta memudahkan kamu dalam menganalisa seperti, websitemu dapat tampil di halaman berapa dengan kata pencarian apa dan masih banyak lagi. Sebelum mendaftarkan situs blogmu ke Google Search Console, kamu harus memperhatikan bahwa settingan pada blogger kamu sudah mengizinkan robot google untuk melakukan crawl atau menelusuri blog kamu, karena jika tidak diizinkan maka selamanya blog kamu tidak akan pernah tampil di mesin pencarian google.

Cara Agar Blog Muncul Di pencarian Google

  1. Login Blogger.
  2. Pilih Setelan atau Settings.
  3. Cari Menu Privasi atau Privacy.

    Izinkan mesin telusur menemukan blog Anda

  4. Dapat diakses mesin telusur, pilih aktifkan.
Jika settingan situs blog kamu sudah dapat diakses mesin telusur maka suatu saat mesin telusur google akan merayapi (crawl) blog kamu. Namun jika kamu sedang aktif dalam membuat konten artikel lebih baik kamu menggunakan GSC supaya kontenmu dapat segera diindeks.

Cara mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

  1. Buka situs Google Search Console.
  2. Login melalui akun gmail kamu. pastikan kamu menggunakan email yang sama saat mendaftar blog dan mendaftar GSC supaya dapat diverifikasi secara otomatis dalam menghubungakan blogger dengan GSC, Karena jika beda akun email maka nantinya kamu harus verifikasi situs manual.
  3. Pada bagian sebelah kiri masukan alamat blog kamu kemudian pilih terus.

    Masukan alamat blog kemudian pilih terus

  4. Pilih Buka Properti. Karena kami menggunakan email yang sama untuk akun blogger dan akun GSC maka Verifikasi dapat dengan otomatis, kemudian langsung saja pilih Buka Properti.

    Pilih Buka Properti

    namun, jika kamu menggunakan email yang berbeda kamu harus mengcopy script yang disediakan kemudian kamu paste di blog kamu, lebih tepatnya di antara tag <head> dan </head>. Script bisa dipaste setelah tag <head> atau sebelum tag </head>.
  5. Selamat, Kamu berhasil mendaftarkan blog kamu ke Google Search Console. Kini kamu bisa mengoptimalkan blog kamu sesuai data yang terlampir pada GSC.

    Blog Berhasil Didaftarkan ke GSC

    Tidak cukup sampai di situ, ada beberapa set up yang harus kamu lakukan yaitu menambahkan atau submit sitemap pada GSC dan inspeksi artikel kamu.
Sitemap (Peta Situs) adalah semacam file xml yang berisi kode-kode supaya mesin pencari dapat dengan mudah memahami konten-konten pada artikel di blog kamu. Setiap blog pada blogger secara default sudah ada sitemapnya kita hanya menambahkan /sitemap.xml pada url homepage.
https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml

Cara yang sama jika kamu menggunakan Custom domain pada blogger.

https://tutorial.web.id/sitemap.xml

Cara Submit Sitemap di Google Search Console

  1. Login Google Search Console.
  2. Pilih Sitemap atau Peta Situs.
  3. Pada form "Tambahkan peta situs baru", masukan sitemap seperti contoh di bawah.

    https://www.tutorial.web.id/sitemap.xml
    https://www.tutorial.web.id/atom.xml
    https://www.tutorial.web.id/feeds/posts/default?max-results=1000

    Ganti www.tutorial.web.id menjadi alamat blog kamu, sesuaikan max-result lebih banyak dari jumlah artikel kamu. Kirim satu persatu sitemap di atas.

    Masukan alamat hompe url kamu dan tambahkan /sitemap.xml lalu kirim

  4. Jika berhasil maka sitemap atau Peta situs kamu akan langsung tampil pada daftar situs yang dikirimkan seperti pada gambar di atas.
Setelah sitemap sudah ditambahkan di GSC, set up kedua yaitu menginspeksi atau meminta pengindeksan atikel kamu ke Google. Jika ada artikel kamu yang sudah diindeks maka kamu tidak perlu untuk mengindeknya lagi, kecuali ada update atau perubahan. Berikut adalah cara untuk mengetahui apakah situs atau artikel kamu sudah terindex Google atau belum.

Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google

  1. Buka Situs Google.com.
  2. Pada pencarian kamu bisa langsung menginputkan url artikel kamu.
  3. Atau kamu bisa menginputkan site:blogkamu.blogspot.com.

    Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google

Saat kamu cek dengan site:domainkamu.com semua artikel yang sudah terindex akan tampil di pencarian. jika belum kini saatnya kamu mengindexnya melalui Google Search Console.

Cara Index Artikel ke Google Search Console

  1. Login Google Search Console.
  2. Pilih Inspeksi URL.
  3. Masukan link url artikel kamu lalu tekan enter.

    Cara Index Artikel ke Google 1. Pilih Inspeksi Url

  4. Pilih Uji Url Aktif.

    Cara Index Artikel ke Google 2. Pilih Uji Url Aktif

  5. Pilih Minta Pengindeksan.

    Cara Index Artikel ke Google 3. Minta Pengindeksan

  6. Tunggu beberapa detik kemudian oke. Artikel kamu sudah masuk dalam antrian pengindeksan.
Meminta pengindeksan berulang-ulang pada link yang sama tidak akan merubah prioritas antrian kamu, lama waktu yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung dengan jumlah antrian mungkin bisa beberapa saat bahkan bisa sampai satu minggu. Selagi menunggu artikel kamu diindeks, kamu bisa mencoba mendaftarkan website kamu ke mesin pencarian lain selain Google seperti Bing milik Microsoft.


Sekian dari cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster atau Google Search Console, ikuti website ini untuk mendapatkan artikel lainya seputar Blog dan Seo. Jika kamu mengalami kesulitan, tinggalkan komentar di bawah.
Beri Komentar

14 Komentar

Cancel