Cara Mengatasi Error 403 Forbidden di WordPress

@erwantoimam

 

Cara Mengatasi 403 Forbidden

Hai kamu yang di sana, kami mau tanya nih, kira-kira apa yang akan kamu lakukan jika ketika berselancar di dunia maya ataupun sedang googling kemudian kamu mengunjungi suatu situs, namun sayangnya situs website tersebut tidak dapat diakses dan malah muncul pesan error 403 forbidden, tentu kamu sedikit kecewa dan langsung meninggalkanya bukan, lantas bagaimana jika situs website tersebut adalah website milik kamu ?

Jika Kamu pengguna wordpress dan situs websitemu baru saja muncul pesan Error 403 Forbidden, tenang saja karena kamu saat ini sedang menemukan artikel yang tepat. Pada artikel ini kami akan membahas cara mudah menangani atau fix error 403 forbidden pada situs wordpress yang kami bahas secara lengkap. namun sebelum masuk pada penanganan, alangkah baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu 403 forbidden dan apa penyebabnya.

Apa itu 403 Forbidden ?

403 forbidden adalah semacam kode status pada http yang artinya server menolak permintaan untuk membuka suatu halaman atau situs website, karena memang halaman tersebut sudah diatur untuk tidak bisa diakses atau dilarang untuk suatu tujuan tertentu.

Pesan error 403 Forbidden juga biasanya menampilkan deskripsi singkat yang bermacam-macam, Berikut adalah beberapa contoh deskripsi singkat yang tampil bersama pesan error 403 forbidden.

Jenis Error 403 Forbidden

  • 403 Forbidden
  • 403 forbidden request forbidden by administrative rules
  • HTTP Error 403 – Forbidden
  • Forbidden: You don't have permission to access [directory] on this server
  • Access Denied You don't have permission to access
  • Access to this resource on the server is denied!
Seperti hukum sebab akibat, semua masalah yang kita hadapi mesti memiliki penyebabya, buat kamu yang sedang pusing dan membaca artikel ini, pasti penyebabya karna situs wordpress kamu sedang tidak bisa diakses dan muncul pesan error 403 forbidden. Error 403 Forbidden pun juga memiliki beberapa penyebab, berikut adalah penyebab munculnya pesan error 403 Forbidden.

Penyebab Error 403 Forbidden pada Wordpress

  • Terdapat kesalahan hak akses pada folder public_html.
  • Pengaturan pada file .htaccess berubah.
  • Terdapat plugin yang bermasalah.
Setelah kamu tahu apa itu error 403 forbidden berserta penyebabnya, kamu akan memiliki gambaran bagaimana cara untuk mengatasinya. sebelum masuk pada tahap penanganan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu akses login cpanel, akses login ke cpanel ini berbeda dengan akses login ke wordpress. Biasanya seseorang yang membeli jasa pembuatan website hanya akan diberikan akses login ke wordpress saja, jika demikian mintalah bantuan kepada penyedia layanan tersebut untuk membantu kamu menangani masalah ini. 

Ada 4 cara yang akan dijelaskan secara lengkap berserta gambar screenshot sehingga kamu dapat lebih mudah memahami alurnya, semoga semua cara yang kami jabarkan dapat menjadi solusi untuk website wordpress kamu yang sedang mengalami masalah tidak dapat diakses. Berikut ini adalah cara pertama yaitu dengan menghapus file .htaccess

Cara Pertama Mengatasi Error 403 Forbidden

  1. Login Cpanel.
  2. Cari dan pilih Domains.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 1.Pilih Domains

  3. Pilih /public_html/ sesuai dengan nama domain kamu.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 2.Pilih public_html

  4. Cari file .htaccess.
  5. Jika tidak ketemu, coba show hidden file dengan memilih menu setting di pojok kanan atas, kemudian centang pada document root dan sesuaikan dengan domain kamu, beri cetang juga pada Show Hidden Files (dotfiles) lalu pilih save.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 3. Show Hidden File

  6. Klik kanan pada file .htaccess, kemudiah pilih download.
  7. Setelah memiliki cadangan file .htaccess, kemudian hapus file .htaccess tersebut dengan klik kanan pada file .htaccess terlebih dahulu lalu pilih delete.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 4. Delete .htaccess

  8. Beri centang pada permanently delete jika kamu sudah memiliki cadangan file .htaccess, kemudian pilih Confirm.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 5. Confirm

  9. Buka dan cek kembali situs website kamu yang error tadi.
  10. Jika cara pertama ini berhasil, silakan masuk ke dashboard wordpress kamu untuk mengembalikan file .htaccess yang baru.
  11. Pada Dashboard wordpress pilih Setting kemudian pilih Permalinks, tanpa melakukan perubahan setinggan apapun, langsung saja pilih Save Changes.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 6. Save Changes

    Maka file .htaccess yang kamu hapus tadi akan tersedia kembali di public_html.
Jika websitemu sudah kembali normal, itu artinya ada perubahan pada pengaturan di dalam file .htaccess, perubahan itu bisa terjadi karena adanya update dari wordpress maupun dari maintenance oleh penyedia layanan server atau hosting. Namun, jika cara pertama di atas ternyata tidak membuahkan hasil, kita  akan lanjut pada cara yang kedua, yaitu dengan mengubah permissions pada folder public_html.

Cara Kedua Mengatasi Error 403 Forbidden

  1. Login Cpanel.
  2. Pilih File Manager.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 7. Pilih File Manager

  3. Cari Folder public_html.
  4. Klik Kanan public_html kemudian pilih Change Permissions.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 8. Change Permissions

  5. Ubah nilai permissionsnya menjadi 755 dengan memberi centang sesuai pada gambar di bawah ini.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 9. Change Permissions 755

  6. Simpan dengan klik pada Change Permissions.
  7. Buka dan cek kembali apakah website kamu sudah kembali normal atau belum.
Jika website kamu masih error 403 Forbidden, kemungkinan selanjutnya adalah adanya masalah yang disebabkan oleh plugin yang terinstal pada wordpress kamu. Pada cara yang ketiga kami akan menjelaskan bagaimana caranya supaya plugin dinonaktifkan untuk sementara.

Cara Ketiga Mengatasi Error 403 Forbidden

  1. Login Cpanel.
  2. Pilih Domains.
  3. Pilih /public_html/ sesuai domain kamu.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 10. public_html

  4. Buka folder wp-content dengan klik 2x.
  5. Klik kanan folder plugins kemudian pilih rename.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 11. Pilih Rename

  6. Rename folder plugins menjadi plugins-nonaktif kemudian pilih Rename File. melakukan rename -nonaktif hanya untuk pengetesan saja dengan begitu wordpres tidak mengenali folder plugins-nonaktif menjadi bagiannya. sehingga plugins tidak akan dieksekusi.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 12. Rename File

  7. Buka dan cek kembali situs wordpress kamu, apakah sudah kembali normal atau belum.
Jika website kamu sudah bisa dibuka, berarti kamu tinggal instal ulang plugin yang ada, atau kamu dapat mencoba mengembalikan nama folder plugins seperti semula. Namun, jika website kamu masih muncul pesan error 403 Forbidden, kami masih punya cara terakhir yaitu dengan mencoba menggunakan file .htaccess kami sediakan melalui link di bawah ini.


Cara Keempat Mengatasi Error 403 Forbidden

  1. Download file htaccess.zip melalui link di atas.
  2. Pada cara pertama kita menghapus file .htaccess, sekarang kita upload file .htaccess yang kamu download melalui link di atas.
  3. Pastikan kamu berada bersama folder wp-content, kemudian pilih upload.

    Cara Mengatasi 403 Forbidden 13. Upload .htaccess

  4. Extrac terlebih dahulu file htaccess.zip, didalamnya terdapat file bernama .htaccess
  5. Upload file .htaccess. jika muncul pesan overwrite, pilih yes.
  6. Cek kembali situs web kamu apakah sudah normal atau belum.
Jika website kamu masih belum bisa diakses alias masih saja error 403 Forbidden, ya sudah kita pasrahkan saja kepada pihak penyedia hosting, kamu bisa melakukan kontak dengan pihak hosting melalui chat live ataupun email.

Semoga artikel tutorial tentang cara mengatasi Error 403 Forbidden ini dapat bermanfaat. Kamu bisa meninggalkan kritik, saran dan komentar dengan klik tombol comment di bawah, kami akan menanggapinya dengan senah hati.
Beri Komentar

1 Komentar

Cancel